Dunia

Edan, Sekelompok Peneliti ini Sedang Ciptakan Cu Pat Kai

Para ilmuwan di Amerika Serikat mengembangkan manusia-babi pertama di dunia. Foto / Nature News

CALIFORNIA – Perkembangan ilmu pengetahuan, semakin hari semakin maju. Seperti yang dilakukan sekelompok ilmuwan dari Salk Institute for Biological Studies di La Jolla, California, yang kini sedang berusaha menciptakan “Cu Pat Kai”  manusia babi yang diberi nama Chimera.

Seperti yang dikutip dari Russia Today, penciptaan manusia babi  oleh sekelompok ilmuan tersebut, hendak membuat pencangkokkan organ. Dalam studi inovatif, mereka memasukkan organ tubuh manusia di dalam tubuh hewan.

Embrio babi-manusia itu merupakan hibrida pertama yang dibuat dengan menggunakan dua  spesies besar yang kaitannya jauh.

”Tujuan utamanya adalah untuk menumbuhkan jaringan fungsional dan pencangkokkan organ, tapi kami berada jauh dari itu,” kata Juan Carlos Izpisua Belmonte, yang memimpin proyek penelitian itu.

”Ini merupakan langkah pertama yang penting,” katanya lagi

Dalam penelitian tersebut, sel induk manusia disuntikkan ke dalam embrio babi muda, yang kemudian ditempatkan pada sapi pengganti. Dari lebih dari 2.000 embrio, hanya 186 yang berubah menjadi chimera—sebagian besar berwujud babi, dengan unsur-unsur manusia 1 dari 10.000 sel.

Setelah 28 hari dari 112 hari usia kehamilan babi, janin babi-manusia diambil. Para ilmuwan mengklaim riset mereka tidak meningkatkan kekhawatiran tentang etika perihal binatang chimeric atau chimera