Hoax or Not

Bijaklah Menerima Informasi atau Berita, Jangan Terpancing berita Hoax

berita Hoax

Suarakita.co.id – Bijaklah  dalam menerima informasi, apalagi saat ini dengan semakin majunya teknologi  banyak membuat informasi simpang siur yang berujung fitnah.

Dari awal, sebenarnya aku ingin membuat tulisan ini, ketika pertama kali mendengar rekaman percakapan dan pesan whats app yang katanya rekaman bukti perselingkuhan Habib Rizieq dan firzha Husein. Namun karena, rutinitas pekerjaan, baru sekarang mencoba menulis dan menelaah dari yang katanya bukti valid rekaman Habib Rizieq dan firzha Husein.

Pertama kali, ingin disampaikan aku tidak ada berpihak dengan siapapun yang tengah bergejolak dalam konflik tersebut. Karena aku tidak kenal siapa yang berkepentingan dalam rekaman tersebut.

Adanya rekaman ini, membuat ku ingin menelaahnya, apakah benar apa tidak. Maklum, karena pekerjaan ku sebagai jurnalis di satu korban terbitan Medan, yang membuat ku penasaran atas rekaman itu. Ingat kata kuncinya cuman penasaran

Kita mulai dengan pesan whats app, Virzha dengan Habib Rizieq. Ups kita hilangkan sebentar tentang transcript WA tersebut, sebab saat ini screenshoot percakapan WA nya sudah hilang seperti ditelan bumi.

Mulai dari Facebook sampai mesin pencarian google, tidak ada lagi pesan transcript yang tersebar. Padahal kemarin malam, saat buka facebook bertebaran transcript WA .

Ups. Hore..hore,  akhirnya dapat juga SC WA yang katanya transcrpit pembicaraan keduanya. Aduh, namun scnya tidak bisa di download, tapi tenang sudah di foto dari akun @hacker_amatir.

transcript pembicaraan WA yang katanya dari Habib Rizieq dan Firzha Husein dari dinding twitter akun @hacker_amatir

transcript pembicaraan WA yang katanya dari Habib Rizieq dan Firzha Husein dari dinding twitter akun @hacker_amatir

Kalau dilihat dari pembicaraan WA keduanya, ku rasa dua orang yang sudah berumur tersebut, tidak mungkin mengeluarkan kata seperti murid binal dan lainnya. Apalagi saat, diperhatikan pesan WAnya, tampak yang sedang chating tersebut sedang asik sendiri. (lihat gambar di atas)

Oh ya, untuk menguatkan tulisan diatas coba download aplikasi WhatsFake2. Setelah didownload, coba buka dan apa yang bisa kita lakukan dengan aplikasi itu.

Ya, tampilannya sama persis seperti Whatsapp dan kita bisa mencoba membuat seperti chatting yang seperti di akun @hacker_amatir. Kita bisa membuat seoah-olah chating dengan artis, tokoh politik atau lainnya (lihat gambar dibawah ini)

transcript percakapan yang kubuat dengan aplikasi Whatsfake2

transcript percakapan yang kubuat dengan aplikasi Whatsfake2

Mungkin, saja orang yang menyebarkan transcript tersebut, menggunakan aplikasi tersebut.

Kedua, rekaman percakapan yang katanya suara Firzha Husein. Disini letaknya semakin aneh. Bila katanya, rekaman tersebut disadap dari pembicaraan Firzha Husein, tentunya akan terjadi percakapan dua arah antara Firzha dan Ema (orang yang disebut Firzha dalam perckapannya).

Tapi lihat dari videonya yang banyak tersebar di Youtube, orang yang katanya Firzha Husein tersebut tampaknya sedang asik bercakap sendiri.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

topStories

To Top