Metro

Minggu depan, Polda Sumut Lounching E- Policing

E-Policing

MEDAN – Polda Sumut dan seluruh Polres sejajaran rencannya akan menglaunching Elektronic Policing  (E-Policing) pada hari Minggu  (5/2/2017) di Lapangan Merdeka Medan oleh  Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Hal tersebut dikatakan Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan di Polda sumut,  Selasa (31/1/2016)

Ia mengatakan, e- Policing merupakan pemolisian di era digital atau pemolisian secara elektronik. Dengan diberlakukannya e-polocing tersebut dengan sistem kerja berbasis IT yang dilakukan oleh Polri guna meningkatkan pelayanan kepada public yang berbasis IT , yang dapat mendukung pelayanan kepolisian yang prima.

“Dengan adanya sistem ini, hubungan antara polisi dengan masyarakat bisa terjalin selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa batas ruang dan waktu untuk selalu dapat saling berbagi informasi dan melakukan komunikasi sehingga pelayanan kepolisian dapat terselenggara dengan cepat. tepat, akurat,  tranparan, akuntabel informatif dan mudah diakses,” jelasnya

Saat ditanya, sejauh ini sudah berapa siap jajaran polda sumut  dalam menerapkan sistem tersebut. Nainggolan hanya mengatakan, sejauh ini jajaran polda sumut sudah siap dengan sistem itu.

“Minggu ini sudah dilounching sistem itu, mau tak mau saat ini jajaran Polda sumut seluruhnya sudah siap menerapkan sistem tersebut,” jelasnya

Masih katanya, dalam pelayanan yang berbasis IT tersebut e- Policing mempunyai 3 konten yaitu Informatif adalah komunikasi bersifat satu arah statis dan dinamis. Selanjutnya juga Interaktif yaitu komunikasi dua arah tentang interaksi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok.

“Misalnya ada Tanya jawab serta cepat reaksi, Transaktif yaitu interaktif yang tercipta dengan menjembatani suatu individu atau kelompok untuk diteruskan dengan individu atau kelompok lainnya,  missal pengaduan masyarakat tentang adanya kasus kebakaran, disamping memberitahu petugas Polri, juga menghubungi pemadam kebakaran,” terangnya.

E-Policing menjadi harapan sekaligus ancaman, diera digital E-Policing merupakan kebutuhan bagi institusi Kepolisian untuk dapat terus hidup tumbuh dan berkembang dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang modern dan demokratis dalam rangka mewujudkan dan memelihara keteraturan sosial.

Saat ini ucapnya, di era kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat berdampak terjadinya globalisasi, selain segi positif, globalisasi juga membawa permasalahan yang berkaitan dengan gangguan keamanan ataupun kejahatan yang terjadi dalam masyarakat akan menjadi kompleks dan semakin canggih karena semakin sistematis terorganisir secara professional dan memanfaatkan teknologi dan peralatan modern yang dilakukan oleh orang- orang yang ahli/ professional dan ini membuat kejahatan semakin sulit untuk dicegah, dilacak dan dibuktikan.  (TS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top