Metro

Warga Antusias saksikan Lounching E Policing

Warga tampak Ikuti Senam sebelum lounching E Policing

MEDAN – Ribuan warga Medan berkumpul di Lapangan Merdeka Binjai, menyaksikan pounching E Policing yang dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Lapangan Merdeka Medan. Minggu (5/2) pagi

Sebelm melounching acara terebut, terlebih dahuhul, dilaksanakan Sebelum launching terlebih dahulu dilaksanakan senam bersama yang diikuti oleh personel Polda Sumut dan jajarannya beserta masyarakat Kota Medan.

Para peserta senam, terdiri dari Personel Polri, TNI, PNS jajaran Pemprovsu dan Pemko Medan, pelajar, mahasiswa dan masyarakat sekitar Kota Medan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, dalam menyambut launching e-Policing masyarakat sangat antusias karena baru pertama kali di seluruh Indonesia.

“e-Policing berbasis IT di mana aplikasi Polisi Kita Sumatera Utara dapat diakses melalui HP Android sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang pelayanan kepolisian dan mempermudah masyarakat untuk melaporkan kejadian yang ada di lingkungan masyarakat sehingga polisi dapat merespon dengan cepat,” jelasnya

Elektronic Policing (e- Policing), merupakan pemolisian di era digital atau pemolisian secara elektronik atau pemolisian secara online yang dilakukan oleh Polri guna meningkatkan pelayanan kepada public yang berbasis IT , yang dapat mendukung pelayanan kepolisian yang prima dimana hubungan antara polisi dengan masyarakat bisa terjalin selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Dalam pelayanan yang berbasis IT tersebut e- Policing mempunyai 3 konten yaitu Informatif adalah komunikasi bersifat satu arah (statis,dinamis), Interaktif yaitu komunikasi dua arah tentang interaksi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, misalnya ada Tanya jawab serta cepat reaksi, Transaktif yaitu interaktif yang tercipta dengan menjembatani suatu individu atau kelompok untuk diteruskan dengan individu atau kelompok lainnya missal pengaduan masyarakat tentang adanya kasus kebakaran, disamping memberitahu petugas Polri, juga menghubungi pemadam kebakaran.

Sementara adanya kabar aksi demonstrasi menolak kedatangan Kapolri, tidak terbukti. Sampai akhir acara tersebut, tidak ada satupun kelompok masa yang melakukan aksi demonstrasi.

Sebelumnya, kapolri Jenderal Polisi Drs M Tito Karnavian, bersama istri dan rombongan tiba di Medan, Sumatera Utara, Sabtu malam (4/2/2017), menggunakan Pesawat Sriwijaya Air tiba di Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA), sekira pukul  22.45 WIB.

Bahkan Kedatangan Kapolri dan rombongan disambut seratusan tokoh dari Sumatera Utara yang terdiri dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut,  Pimpinan Wilayah NU Sumut, Ketua PW NU Kabupaten Deliserdang dan rombongan, Pimpinan Wilayah Alwasiyah Sumut, Ketua FKUB Sumut, Ketua MUI Sumut, Ketua MUI Kota Medan. (ts)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top