Metro

Atasi Persoalan Sampah, Pemko Disarankan Gandeng Investor

sampah kota Medan

Medan – Dua tahun terakhir Pemerintah Kota (Pemko) Medan tidak berhasil meraih Piala Adipura dari Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Masih dipergunakannya sistem open dumping pada tempat pembuangan akhir (TPA) menjadi salah satu alasan mengapa Pemko Medan tidak mendapatkan piala adipura seperti tahun 2012, 2013, 2014, 2015.

Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung menilai Pemko Medan perlu menggandeng investor untuk mengatasi persoalan sampah di TPA. Dinegara – negara maju, kata dia, sampah di TPA diolah menjadi energi seperti gas ataupun listrik.

Menurutnya, Pemko Medan jangan hanya menunggu investor yang ingin berinvestasi di bidang persampahan. “Harus aktif, jemput bola. Dicari investornya, belajar dari daerah atau negara yang sudah melakukan hal serupa,”ujar Henry Jhon,

“Seperti di Chengdu, China, yang saya tahu mereka sudah berhasil melakukan pengelolaan sampah. Bahkan mereka bisa mengurai bahan-bahan keras seperti conblock dan batu bata, bisa dileburkan dan memiliki nilai jual,”bilangnya.

Apabila Pemko Medan hanya menunggu bola dan mengharapkan ada perusahaan atau lembaga untuk bekerjasama dibidang persampahan, kata Politisi PDIP ini, sampai kapanpun permasalahan sampah di Kota Medan tidak akan bisa terselesaikan.

“Kita juga heran, kenapa dari sekian banyak tawaran kerjasama belum ada kata sepakat oleh Pemko Medan. Sebab selama ini kami tidak pernah dilibatkan, atau dimintai pendapat soal ini,” tukasnya.

Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengaku pihaknya sudah menerima 5 penawaran dari negara luar soal pengelolaan sampah ini. Hanya saja diakuinya sejauh ini belum ada niatan serius dari perwakilan negara-negara tersebut.

“Padahal pak wali juga sampaikan, bila kalian (perusahaan) mampu bekerja dengan progres 20 persen saja, Pemko siap mempermudah pengurusan izin. Tapi begitupun sampai hari ini keseriusan tersebut belum terwujud,” ujarnya.(tjg)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Alamak, Dua Bank di Tambilahan Dibom Molotov oleh OTK – Suara Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top