Regional

Kalapas Gagalkan, Percobaan Kabur 70 Narapidana di LP Siantar

Puluhan warga binaan LP Kelas II A Siantar, diamankan sipir saat hendak kabur
Puluhan warga binaan LP Kelas II A Siantar, diamankan sipir saat hendak kabur

Siantar –Tujuh puluhan warga binaan lapas kelas II A Pematangsiantar gagal melarikan diri, setelah seorang warga binaan lainnya memberi tahu aksi mereka kepada Kalapas Sukardi Sianturi, Minggu (19/2).

 

Berdasarkan informasi yang didapat,  aksi percobaan melarikan diri tersebut digawangi oleh dua orang tahanan Laps Kelas II A yang mendapat hukuman seumur hidup. Kedua tahanan tersebut, M Iqbal dan Kadafi, bahkan keduanya, telah merencanakan aksi mereka sejak September tahun lalu.  Saat kum

“Otak dari percobaan ini, merupaka dua orang terpidana seumur hidup. Aksi mereka tersebut, dikarenakan protes atas hukuman yang mereka diterima. Keduanya pun merencanakan hal itu bersama beberapa WBP di dalam Mesjid,” ucap Kalapas Mananti, Sukardi sianturi didampingi Kplp Batara Hutasoit diruang kerjanya , minggu (19/2).

Mendapat informasi tersebut, dari pegawai bernama Agus Syahputra dan Binsar Panjaitan, Kalapas dan Kplp yang sehari sebelum menghadiri apel Siaga bersama Menkumham di Kanwil Kemenkumhan Medan langsung bergegas ke lapas klas IIA Pematangsiantar untuk menidaklanjut informasi.

Kemudian Kalapas, Kplp dan pegawai melakukan interogasi kepada WBP. Dan akhirnya WGP mengakui rencana aksinya yang akan dilakukan pada Minggu pagi, lantaran mengetahui pegawai yang bertugas sedikit.

“Kemarin sore saya ditelepon sama anggota, saat itu juga langsung berangkat ke lapas. Setelah diintrograsi, ternyata benar 70 tahanan tersebut merencanakan melarikan diri. Sebagian warga binaan yang berencana tersebut terkena kasus narkoba,” terangnya

Ia menjelaskan kronologi perencanaan kabur tersebut, dengan cara memanjat dan menyerang petugas yang sedang berjaga. Hal tersebut, direncakan mereka karena saat minggu pagi, hanya sedikit petugas yang bertugas. (si)

Click to comment

Leave a Reply

Top News

To Top