Dunia

Membalas, Korea Utara Kini Sandera WN Malaysia

Korea Utara Kini Sandera WN Malaysia

Berawal dari larangan sementara pemerintah Korea Utara, tepatnya dari Kementrian Luar Negeri yang melarang warga negara malaysia yang tinggal dikorea utara untuk pergi keluar negeri. hal ini jelas disampaikan oleh Korean Central News Agency (KCNA) dikantor resmi mereka.

Warga negara malaysia yang dilarang itu adalah sebanyak 11 orang yang terdiri dari 3 staf diplomat beserta 6 anggota keluarganya juga 2 orang peserta Program Pangan Dunia PBB (UNWFP).

Seperti diketahui Malaysia telah mengusir Duta Besar Korea Utara yakni Kang Chol pada akhir pekan lalu. dimana sebelumnya ketegangan diplomatik 2 negara ini mulai sejak kasus pembunuhan Kim Jong Nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur. lalu Malaysia pun berang lantaran dituduh bersekongkol dalam penyelidikan kasus itu.

Aksi balas membalas pun terjadi, Pyongyang juga mengusir Duta Besar Malayasia Mohammad Nizan, yang sebenarnya ia sudah dipanggil untuk segera pulang sejak 22 februari.

Perdana Menteri Malaysia menegaskan kalau penyanderaan ini mengabaikan semua hukum internasional dan norma-norma diplomatik. ia juga menambahkan akan mendesak pertemuan darurat nasional melalui Dewan Keamanan dimana ia juga akan membalasnya kembali dengan mencegah semua warga Korea Utara yang berada di Malaysia untuk meninggalkan Malaysia. Hal itu akan terus dilakukannya hingga ia mendapat kepastian atas keselamatan warga negara malaysia yang ada di Korea Utara.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Sri Nazib Tun Abdul Razak mengharapkan resolusi yang cepat atas warga negara untuk menghindari eskalasi lebih lanjut.

“Melindungi warga negara kita adalah prioritas saya dan kami tidak akan ragu untuk mengambil semua langkah yang diperlukan ketika mereka terancam.” tambahnya.   (sumber: tribunnews.com)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top