Kriminal

Kalah di Prapid Siwaji Raja, Ini yang akan dilakukan Kapolda Sumut

Kawijah istri Kuna pengusaha yang ditembak mati di depan tokonya
Kawijah istri Kuna pengusaha yang ditembak mati di depan tokonya

Medan –  Begitu mendapatkan kabar sidang praperadilan (Prapid)  yang digelar di PN Medan dimenangkan oleh Siwaji Raja atas tuduhan terlibat pembunuhan Indra Gunawan alias Kuna,45.

Polrestabes Medan langsung menggelar rapat mendadak, Senin (13/3/2017) siang.

Bahkan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel juga datang untuk menghadiri rapat yang digelar di ruangan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho tersebut.

Sehingga  sejumlah awak media yang ingin menanyai hasil prapid tersebut langsung datang ke Mapolrestabes Medan.

“‎Ini adalah suatu hal yang biasa dalam proses pra peradilan karena pra peradilan adalah  upaya hukum yang disediakan oleh hukum acara dalam melaksanakan acara pidana, jadi ini bukan sesuatu yang luar biasa,” ujar Rycko usai menggelar rapat di Polrestabes Medan, Senin (13/3/2017).

Dijelaskan dia, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap proses penyidikan kasus ini. “‎Tentunya apa yang dilakukan sekarang penyidik harus mengevaluasi secara menyeluruh. Tentunya kita akan menghormati apapun keputusan hakim mengenai dikabulkannya Prapid Raja,” sambungnya sambil beranjak masuk ke dalam mobilnya.

Sementara itu secara terpisah, istri korban merasa kecewa dengan kinerja aparat Polrestabes Medan yang dinilai tak mau menghadirkan tersangka Zendal  ke sidang Prapid tersebut. Bukan itu saja polisi juga yang telah menyakini dirinya kalau bukti-bukti kuat tentang keterlibatan Raja sebagai otak pelaku dalam pembunuhan dengan cara main tembak ini sudah didapatkan penyidik.

” Si Zendal seharusnya dihadirkan polisi dalam sidang Prapid itu, karena tersangka si Zendal  mengenal dan mengetahui kejadian yang sebenarnya,” kesal istri Kuna, Kawijah (40), saat ditemui di Toko Kuna Jalan Ahmad Yani Medan Barat, Senin (13/3/2017).

Dengan kalahnya Polrestabes Medan di sidang prapid itu dirinya kini ia hanya bisa pasrah.

Sebelumnya,  dalam persidangan prapid yang diajukan Siwaji Raja alias Raja Kalimas, majelis hakim Erintuah Damanik memenangkan Siwaji raja.

Dalam persidangan tersebut, majelis hakim menilai penyidik Polrestabes Medan dalam menentukan Siwaji Raja sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Kuna tidak mempunyai dua alat bukti yang kuat

Majelis hakim menilai, pihak kepolisian tak mampu menghadirkan saksi yang melihat langsung bahwa Raja memerintahkan ataupun membayar para tersangka lainnya untuk menghabisi Kuna.

Atas keputusan tersebut, penetapan status tersangka Raja atas kasus dugaan pembunuhan pengusaha airsoft gun di Kelurahan Kesawan tersebut harus bebas demi hukum.

Serta memerintahkan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho agar mengeluarkan Raja dari sel tahanan. (plz)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Baru Satu langkah, Siwaji Raja Langsung Ditangkap – Suara Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top