Regional

Simalungun Proleh perhargaan Daerah peduli terhadap pedagang Asongan

Simalungun Proleh perhargaan Daerah peduli terhadap pedagang Asongan
Bupati Simalungun JR Saragih, saat memberi sambutan saat musrembang di I Hotel

Parapat – Sebanyak tujuh kepala daerah zona dataran tinggi ikuti Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumatera Utara 2017 di Ina Hotel Parapat, Rabu (22/3/2017)

Dalam Pra Musrenbang Provinsi Sumatera Utara 2017 yang melibatkan zona dataran tinggi mulai dari Humbang Hasundutan, Samosir, Dairi, Tapanuli Utara, PakPak Bharat, Simalungun, Toba Samosir, Karo, Pematang Siantar dengan tema sinergi pembangunan dalam memacu pertumbuhan inklusif yang berkelanjutan dan berdaya saing menuju Sumatera Utara Sejahtera.

Musrembang tersebut dihadiri Bupati Simalungun JR Saragih,  Gubernur Sumatera Utara Ir. H.T. Erry Nuradi, M. Si, Ketua Komisi E Sumatera Utara Zahir Mrt, Bupati dan Walikota zona dataran tinggi Sumatera Utara, Kepala Bappeda di zona dataran tinggi Sumatera Utara.

Pra Musrenbang Provinsi Sumatera Utara 2017 yang melibatkan zona dataran tinggi untuk memacu pertumbuhan inklusif yang berkelanjutan dan berdaya saing menuju Sumatera Utara Sejahtera.

Di Pra Musrenbang 2017, Kepala Bapedda Sumut Haji Irman mengatakan,   pelaksanaan Pra Musrenbang 2017 ini untuk mendengarkan aspirasi dari seluruh kabupaten Kota di Sumatera Utara.

“Kegiatan ini sangat penting tidak sebatas menghimpun aspirasi terhadap sasaran pembangunan Sumatera Utara dalam menyelenggarakan pemerintah daerah secara substansial tentang pembangunan daerah jangka menengah,” ujarnya.

Komisi E DPRD Sumut Zahir Mrt menuturkan jika pihaknya agar kegiatan ini bisa berdampak pada kesejahteraan dan pelayanan masyarakat dalam tanggung jawab SKPD.

“Melalui Pra Musrenbang ini bisa menjadi langkah untuk mengukur kinerja kepala daerah sesuai visi dan misi di Sumatera Utara di anggaran 2018,” lanjutnya.

Dalam Pra Musrenbang Provinsi Sumatera Utara yang dilakukan di Parapat ini, seluruh zona yang ada di dataran tinggi mendapat penghargaan yang memiliki kelebihan masing-masing Kabupaten.

Salah satunya adalah Kabupaten Simalungun. Di mana, di kinerja semangat baru Bupati Simalungun JR Saragih Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara mendapat penghargaan daerah yang sangat perduli terhadap pedagang dan asongan.

Bupati Simalungun JR Saragih dalam sambutannya meminta kepada Gubernur Sumatera Utara Ir. H.T. Erry Nuradi, M. Si untuk segera melantik walikota Siantar yang baru.

“Kita berharap agar walikota Siantar untuk segera dilantik karena ini sekaligus sebagai Bupati tetangga dengan Pematang Siantar untuk mengurangi beban yang menjadi tetangganya dan musrembang ini bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di seluruh Sumatera Utara khususnya di dataran tinggi,” paparnya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara Ir. H.T. Erry Nuradi, M. Si  mengatakan di Pra Musrenbang 2017 dari 10 program prioritas utama Nasional maka dipertajam menjadi tiga program utama yakni pendidikan kualitas guru, penyediaan air minum dan sanitasi dan ketiga pengembangan pariwisata Danau Toba.

“Ini bisa menampung aspirasi dalam pembangunan di 2018 serta menjaring penetapan program melalui pembahasan serta pendekatan holistik yang dirumuskan sebagai masukan terhadap rancangan RKPD di 2018,” jelasnya (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

topStories

To Top