Ini yang Buat Pengrajin dan Penjual Ikan Asin Pusing

oleh
Pengrajin ikan asin, sedang mengolah ikan menjadi ikan asin
Pengrajin ikan asin, sedang mengolah ikan menjadi ikan asin

Medan -Ratusan pengrajin ikan asin yang berada di kelurahan belawan bahari, kecamatan medan belawan kampung kurnia mengeluhkan dengan naiknya harga garam non- yodium.  Mereka menilai, kenaikan tersebut membuat pengrajin kini terancam gulung tikar, Kamis (30/3/2017)

Salah satu pengrajin ikan asin Hasna (42),  mengatakan harga garam tersebut naik tiga kali lipat dari biasanya dan Kenaikan harga garam ini diduga disebabkan berkurangnya persediaan didalam negri yang mulai menipis.

Ia mengatakan, kenaikan harga garam yang sudah terjadi sejak hampir 3 bulan terakhir. Menurut mereka (pengrajin ikan asi), biasanya harga garam non-yodium berkisar antara Rp.47 ribu hingga Rp.50 ribu perkarung untuk ukuran 46 kilogramnya.

Baca: Petani Menjerit, Harga Sawit Terus Terjun Bebas

Bisnis/Andi Rambe HARGA CPO Pekerja memuat tandan kelapa sawit ke dalam truk sebelum dibawa ke pabrik pengolahan di Teluk Dalam, Asahan, Sumut, Selasa (12/2). Harga minyak kelapa sawit atau CPO (crude palm oil) semester I/2013 diperkirakan bergerak lamban pada kisaran US$850-US$870 per ton karena permintaan dari China dan India belum meningkat.
Bisnis/Andi Rambe
HARGA CPO
Pekerja memuat tandan kelapa sawit ke dalam truk sebelum dibawa ke pabrik pengolahan di Teluk Dalam, Asahan, Sumut, Selasa (12/2). Harga minyak kelapa sawit atau CPO (crude palm oil) semester I/2013 diperkirakan bergerak lamban pada kisaran US$850-US$870 per ton karena permintaan dari China dan India belum meningkat.

Namun saat ini harganya mencapai Rp.150 ribu perkarung, akibat dari kenaikan harga garam tersebut penghasilan para pengrajin tergerus bahkan beberapa pengrajin menghentikan kegiatan produksinya.

Tentunya menurut mereka, kenaikan harga garam sangat berdampak pada harga jual ikan asin dipasaran. Ia pun berharap pemerintah untuk lebih peka tentang masalah ini.

Baca: Tunggak Tagihan Rp  1.5 M, PLN Putus Sementara LPJU di Balige

“Kalau garam mungkin, pastinya kita naikan harga jual ikan asin. Naiknya harga ikan isan ini membuat pelangganan kami  jadi bingung. Kalau gak kita naikan  apa keuntungan kita,” ucap Hasna saat ditemui di tempat penjemuran ikan asin miliknya.

Adapun,beberapa jenis ikan asin yang mengalami kenaikan seperti ikan asin Lidah hitam dari harga biasanya Rp.40 ribu jadi 45 ribu per kilogram, kresek Rp.12 ribu menjadi 17 ribu per kilogram, ikan asin tawar Rp 45 ribu jadi Rp 50 ribu per kilogram dan belanak dari Rp 12 ribu menjadi Rp16 ribu per kilogramnya. (ah)