Over Kapasitas, Lift di Medan Fair  Ngadat

oleh
Suasana di depan Lift Gedung Plaza Medan Fair
Suasana di depan Lift Gedung Plaza Medan Fair

Medan –  Suasana di lantai dasar gedung Plaza Medan Fair yang berada di  ‎Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (11/3/2017) siang mendadak heboh, setelah lift yang digunakan sebagai alat untuk mengantarkan para pengunjungnya, tiba-tiba saja ngadat dan berhenti seketika.

Tak pelak sejumlah pengunjung yang memanfaatkan fasilitas di gedung pusat keramaian itu pun terjebak di dalamnya. Sehingga teriakan dan jeritan minta tolong pun tak terbendungkan yang membuat para security dan pengunjung lainnya beramai- ramai datang untuk melihat kondisinya.

Atas kejadian tersebut, petugas Polsek Medan Baru langsung mendatangi lokasi untuk mengkroscek kabar itu.

Kapolsek Medan Baru Kompol Roni Bonic ketika ditanya wartawan  menjelaskan kalau dalam insiden ngadatnya lift di gedung Plaza Medan Fair tersebut  tidak ada korban jiwa.

“Liftnya bukan jatuh tetapi liftnya cuma ngadat diduga karena over kapasitas sebab yang mau naik lift terlalu banyak orangnya,” ungkap Kompol Roni Bonic.

Kejadian ini bermula, jelas Roni ketika posisi lift saat itu lagi berada di lantai dasar gedung (Ground), ketika hendak naik ke atas, indikator sudah menyalakan over kapasitas.

Namun, peringatan ini tidak diindahkan pengunjungnya, akibatnya lift yang hendak naik ke atas sempat ngadat yang membuat panik pengunjung yang ada di dalam lift itu.‎

‎‎”Posisi Lift pada saat itu lagi di bawah ( ground ) dan mau naik keatas. Kemudian pengunjung naik lift over kapasitas, ketika Lift nya naik langsung ngadat,” ungkap dia.

Oleh petugas security, langsung mengambil tindakan evakuasi. Tak ada korban dalam kejadian lift ngadat ini.

Sementara itu Management Plaza Medan Fair kepada wartawan membenarkan dan mengakui adanya insiden  salah satu lift penumpang di Plaza Medan Fair yang mengalami kemacatan.

” Selama ini kami telah menunjuk PT Panca sebagai vendor untuk melakukan service dan maintenance lift Plaza Medan Fair dan perawatannya secara berkala,” terang Manager Plaza Medan Fair, Lenny Yun. Masih katanya, macetnya lift ini terjadi sekitar pukul 13.39 WIB, dimana posisi lift dari lantai basement menuju lantai 1 tiba – tiba saja  turun ke lantai basement gedung pusat perbelanjaan modern tersebut.

” Kami sangat menyayangkan alarm lift tidak berbunyi, dan akan melakukan investigasi terhadap PT Panca selaku Vendor Service dan Maintenance Lift Plaza Medan Fair. Akibat kejadian ini tidak ada kerusakan atau pengunjung yang terluka walaupun sebelumnya, pengunjung yang berada dalam lift sempat panik,” pungkas manajemen Plaza Medan Fair sembari  memohon maaf kepada seluruh pengunjung Plaza Medan Fair karena telah merasakan ketidaknyamanannya. (Pls)