Metro

Pansus Reklame Bakal Revisi Perda Tentang Pajak Reklame

Ketua Pansus Reklame DPRD Medan, Landen Marbun.
Ketua Pansus Reklame DPRD Medan, Landen Marbun.

Medan – Persoalan penataan reklame di Kota Medan memang sangat buruk. Sebab, hampir di sudut-sudut kota Medan ada berdiri papan reklame.

Anehnya, ditengah banyaknya reklame di Kota Medan ternyata tidak berbanding lurus dengan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak reklame.

Bahkan, DPRD kota Medan sengaja membentuk panitia khusus (pansus) reklame. Pansus tersebut mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Medan agar melakukan penataan reklame.

Baca: Nyaris Nambarak Polisi, Rupanya ini yang dibawa Pria Pengemudi Duster Renault

BS saat ditahan (baju biru) dan Mobilnya sedang digeledah Polisi.

BS saat ditahan (baju biru) dan Mobilnya sedang digeledah Polisi.

Baca: Musim Penghujan, Ini yang dikhawatirkan Bupati Simalungun

Pekan lalu, Pansus Reklame bersama Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemko Bandung serta Pemko Surabaya.

Berdasarkan kunker tersebut, pansus dan Pemko Medan sepakat untuk merevisi Perda  No 11/2011 tentang pajak reklame.

“Ada dua kesimpulan hasil Kunker ke Surabaya dan Bandung. Pertama revisi perda pajak reklame. Kedua, akan ada usulan Perda yang mengatur penyelenggaraan teknis reklame,”kata Ketua Pansus Reklame DPRD Medan, Landen Marbun, Selasa (4/4/2017).

Disebutkannya, selama ini produk hukum yang dimiliki Pemko Medan sangat lemah. Bahkan Perda tidak sinkron dengan Perwal yang menjadi petunjuk teknis dari Perda.

“Makanya kita minta agar usulan Perda tentang teknis penyelenggaraan reklame dan usulan revisi perda pajak reklame harus terlebih dahulu memiliki kajian hukum yang kuat,”jelasnya.(tjg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top