Regional

Kenali ini dua Orang Hebat dari Simalungun

Kek Saimun
Kek Saimun saat membersihkan bahu jalan

Simalungun–  Sungguh mulia tindakan yang dilakukan kedua pria warga Desa Simanabun, Nagori Dolok, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Keduanya adalah, Kek Saimun dan Mansen Sipayung.

Tanpa disuruh keduanya sering memperbaiki fasilitas umum di desa tersebut dengan sendirinya tanpa mengharapkan bantuan dari pemerintah setempat dan warga sekitar. Masyarakat sekitar pun menjuluki mereka orang hebat dan peduli. Orang yang luar biasa dan bekerja tanpa pamrih.

Kek Saimun pria asal Jawa Tengah yang tinggal di Desa itu sejak tahun 1986 hanya seorang buruh tani. Setiap hendak pergi ke ladangnya,  kek Saimum menyempatkan diri memperbaiki fasilitas umum yang dianggapnya sudah menganggu kenyamanan masyarakat.

Seperti yang dilakukannya pada Jumat (14/4/2017), saat hendak ke ladang, kek Saimun menyempatkan diri membersihkan bahu jalan yang ditumbuhi semak belukar. Ia membabat rumput tersebut seorang diri tanpa ada warga lain yang ikut membantu.

“Kalau rumput ini tidak dibabat, mobil tidak bisa berpapasan di jalan ini. Kalau sudah dibabat, mobil kan bisa lewat, Nak,” ujarnya, sembari katanya bekerja tersebut sekalian buang keringat.

Ditanya soal perhatian Pangulu untuk memberikan sarapan dan minuman.  Pak Saimun mengatakan tidak ada.

” tidak ada, Nak. Saya hanya sukarela. Hitung-hitung biar orang yang lewat mendoakan saya supaya sehat-sehat”.

Mansen Sipayung saat menambal lubang jalan

Mansen Sipayung saat menambal lubang jalan

Selanjutnya, Mansen Sipayung, yang selalu menutupi jalan berlubang menuju Kawah Putih Tinggi Raja. Ia dengan sendirinya menutupi jalan berlubang tersebut tanpa pamrih.

Pasalnya, setiap hujan turun, jalan menuju tempat Pariwisata tersebut sulit dilewati karena kondisi jalan yang berlubang-lubang. Dengan menggunakan tanah dari sekitar jalan tersebut, ia pun menutupi lubang-lubang yang menganga itu. (st)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

topStories

To Top