Banyak Aset yang Beralih,  Dewan ini Pinta Pemprovsu Lakukan Sensus Aset

oleh

Medan – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) diminta melakukan sensut aset. Hal ini dilakukan agar seluruh aset Pemprovsu dapat terdata seluruhnya.

Wakil Ketua Pansus DPRD Sumut, Hanafiah Harahap menyebut jika sensus tidak segera dilakukan maka mafia-mafia pencuri aset Pemprovsu semakin leluasa.

“Tidak bisa dipungkiri banyak beralih asset Pemprovsu. Lihatlah di Jalan Pancing Medan, sejumlah asset yang dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga telah beralih ke pihak-pihak ketiga yang tidak jelas pengalihan dan alas haknya,”katanya.

“Karena pansu akan telusuri aset Pemprovsu yang telah beralih ke pihak ketiga. Untuk itu kita minta pihak terkait agarmengusut peralihan tersebut,”imbuhnya

Kata Hanafiah,kejahatan  penyalahgunaan dan pengambilalihan hak-hak atau milik Pemprovsu lebih dahsyat dari kejahatan OTT kasus korupsi dan pungli. Sebab nilainya sangat fantastis dan tidak pernah oleh siapapun bahkan aparat hukum manapun.

“Ini harus menjadi lampu merah bagi Pemprovsu. Gubsu harus secepatnya melaksanakan sensus asset,”kata wakil rakyat asal pemilihan Kota Medan ini.

Lebih lanjut Hanafiah menegaskan, kepala daerah harus melaksanakan sensus asset karena ada  Permendagri tesangat jelas menekankan bahwa  pengelola dan pemerintah daerah diwajibkan melakukan sensus setiap 5 tahun sekali. “Jadi sangat jelas tidak ada lagi alasan lagi bagi pemerintah untuk tidak melaksakan sensus asset tersebut,”katanya.(tjg)