Ini tiga Nama yang Diusulkan T Erry untuk Posisi Sekretaris DPRD Sumut

oleh
gedung DPRD Sumut
gedung DPRD Sumut

Medan – Posisi Sekretaris DPRD Sumut kosong sejak Oktober 2016 lalu. Sejak saat itu posisi yang ditinggalkan oleh Randiman Tarigan diisi oleh Kabag Keuangan, Nirmaraya Siregar sebagai pelaksana tugas (Plt).

Namun, tidak lama lagi kursi panas itu akan diisi oleh pejabat defenitif. Pasalnya, pimpinan dewan sudah menerima tiga nama yang telah diajukan oleh Gubernur Sumut.

Informasi yang berhasil dihimpun, ketiga nama yang diusulkan Gubernur tertuang didalam surat bernomor 800/8388 BKD/III/2017 tertanggal 16 Maret 2017.

Surat yang dikirim Gubernur Sumut ke Pimpinan DPRD Sumut terkait 3 nama calon Sekretaris DPRD.
Surat yang dikirim Gubernur Sumut ke Pimpinan DPRD Sumut terkait 3 nama calon Sekretaris DPRD.

Didalam surat yang ditandatangani boleh Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi ada tiga nama yang diusulkan yakni H Erwin Lubis dengan jabatan Asisten Kesejahteraan Masyarakat Kota Medan. H Rajidin dengan jabatan Pengawas SLB Dinas Pendidikan Provinsi Sumut serta Toman Nababan dengan jabatan Kabag Perundang-undangan, Persidangan Sekretariat DPRD Sumut.

Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman menyebut ketiga nama usulan Gubernur itu akan dikonsultasikan ke pimpinan fraksi terlebih dahulu. Hal itu dilakukannya, karena amanat PP 18/2016.

“Sesuai PP 18/2016, nama Sekretaris DPRD itu harus dikonsultasikan ke fraksi-fraksi. Namanya konsultasi, tidak bersifat mengikat, seperti kita bicara-bicara, itu sudah konsultasi namanya,”kata Wagirin, Selasa (4/4/2017).

Usai berkonsultasi dengan pimpinan fraksi, kata dia, pimpinan dewan akan menggelar rapat pleno untuk menentukan satu dari tiga nama yang akan dipilih menjadi Sekretaris DPRD Sumut.

Dia mengaku, ada beberapa pihak yang mencoba untuk melobi dirinya terkait jabatan Sekretaris DPRD Sumut.

“Tidak bisa saya putuskan sendiri, pimpinan dewan itu kolektif kolegial. Kalau saya setuju, yang lain tidak, bagaimana. Bisa kacau,”ungkapnya.

“Lusa (Rabu) sudah diputuskan satu nama yang akan menjadi sekretaris DPRD. Keputusan pimpinan dewan akan dikirimkan kepada Gubernur untuk dilantik,”tuturnya.(tjg)