Metro

Gejot PAD, Pemko Medan Perlu Mencontoh Ini

Ilustrasi
Ilustrasi

MEDAN – Banyak hal yang dapat dipelajari dari Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi khususnya dalam mendongkrak penerimaan pendapatan asli daerah (PAD).

Anggota Komisi C DPRD Medan, Salman Alfarisi menyebut Pemko Tebingg Tinggi amat serius dalam menggenjot penerimaan PAD dari sisi pajak restoran.

“Jadi bukan hanya parkir didepan gerai perbelanjaan modern, dari sisi pajak restoran Pemko Medan perlu juga belajar ke Pemko Tebing Tinggi,”katanya.

Salman menyebut Dinas Pendapatan (Dispenda) Tebing Tinggi telah memasang alat yang mampu melaporkan dan merekam setiap transaksi dan  terlapor secara online langsung ke pusat data Dispenda.

“Meski Kota kecil, Tebing Tinggi itu serius mengelola dan memaksimalkan penerimaan pajak. Tidak perlu malu kalau Pemko Medan hendak belajar, dan memang sudah seharusnya apa yang dilakukan di Tebing Tinggi dilakukan di Kota Medan,”jelasnya.

Politisi PKS ini dalam mendukung program tersebut Pemko Tebing Tinggi berencana menyiapkan payung hukum berupa perda.

“yang pertama perda klasifikasi pajak restoran dan yang kedua perda pemasangan alat transaksi elektronik restoran,” jelasnya seraya mengatakan alat tersebut hanya akan dipasang di Restoran yang memenuhi ketentuan yang diatur.

Apa yang dilakukan Tebing Tinggi, kata Salman perlu dicontoh Pemko Medan yang dinilainnya belum memiliki sistim yang terpadu dalam pengelolaan pajak restoran.

“Ini juga bisa menjadi terobosan bagi Pemko Medan ke depan,” tukasnya.(tjg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top