Metro

Maksimalkan Potensi PAD dari Sektor Parkir, Kota Medan Perlu Belajar ke Tebing Tinggi

Anggota Komisi C DPRD Medan, Salman Alfarisi.
Anggota Komisi C DPRD Medan, Salman Alfarisi.

MEDAN – Parkir merupakan merupakan potensi besar yang dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Seperti diketahui, ada dua tipe parkir di Kota Medan yakni parkir tepi jalan umum yang dikelola oleh Dinas Perhubungan serta pajak parkir yang dikelola oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribuusi Daerah (BP2RD).

Anggota Komisi C DPRD Medan, Salman Alfarisi menyebut Pemko Medan dapat mencontoh apa yang telah dilakukan Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam memaksimalkan potensi PAD sektor parkir khusunya di gerai-gerai Indomart dan Alfamart.

“Kita melihat ada sesuatu yang menarik di Pemko Tebing Tinggi ini, dimana parkir di gerai-gerai Indomart dan Alfamart dipatok Rp200 ribu per gerai perbulan,” jelas Salman kepada wartawan.

Ketua DPD PKS Medan ini menyebut Kota Lemang itu memberlakukan pajak parkir bagi gerai toko modern tersebut dan telah mampu mendongkrak pencapaian Pajak dari sektor ini. “Untuk di Medan sepertinya cara ini bisa menjadi terobosan yang efektif untuk mendongkrak PAD dari sektor parkir yang selama ini dinilai kurang,” sebutnya.

“Potensinya sangat besar, dimana banyak sekali gerai-gerai Indomart dan Alfamart di Medan yang jaraknya juga sangat berdekatan. Kemudian nilai Pajak Parkirnya yang diterapkan juga bisa lebih besar. Mungkin saja pajak parkir untuk satu gerai bisa dipatok Rp500 ribu per bulannya,”tambahnya.
Diakui Salman, Permasalahan pendapatan parkir di Kota Medan dirasakan tidak mengalami kemajuan yang signifikan padahal potensi sangat besar. “Yang kita rasakan sekarang adalah potensi untuk menghasilkan PAD dari sektor ini sangat besar, namun sepertinya kurang dimaksimalkan Pemerintah Kota Medan,” jelasnya.(tjg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top