Metro

Pemko Medan Diminta Segera Revitalisasi Pasar Sambu

Suasana RDP di Komisi C DPRD Medan.
Suasana RDP di Komisi C DPRD Medan.

MEDAN — Pemko Medan disarankan terlebih dahulu melakukan revitalidasi terhadap Pasar Sambu sebelum pedagang digusur ke sana. Sehingga tawaran pemindahan pedagang pasar bulan ke Pasar Sambu lebih manusiawi. Selain itu dengan merevitalisasi pasar akan dapat meningkatkan pasar tradisional menuju pasar modern.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi C DPRD Medan Boydo HK Panjaitan, Selasa (2/5) saat memimpin rapat dengar pendapat (RDP) dengan sejumlah pedagang pasar bulan di ruang kom C DPRD Medan. Rapat tersebut turut dihadiri anggota dewan lainnya Hasyim SE dan Andi Lumbangaol. Sementara pihak PD Pasar dihadiri Dirop John Anwar dan Dirkeu Osman Manalu.

“Revitalisasi dulu Pasar Sambu Sehingga pedagang yang dari pasar bulan dapat dipindahkan kesana. Jika tidak jangam dilakukan penggusuran pedagang yang di Pasar Bulan. Itu masih layak dipertahankan,” tegas Boydo selaku politisi PDI P ini.

Namun kata Boydo saat RDP, Komisi C akan segera melakukan pertemuan dengan Walikota Medan terkait keluhan pedagang Pasar Bulan. Pihaknya akan mempertanyakan konsep Pemko Medan terkait penataan 54 pasar yang ada di kota Medan khususnya keluhan pedagang pasar bulan.

“Kita akan pertegas kepada Walikota apa karena pesanan pihak ke tiga maka dilakukan penggusuran. Kita juga tak pernah diajak diskusi oleh Walikota Medan soal penataan pasae yang ada di kota Medan, ujar Boydo dengan nada kesal

Sementara itu Andi Lumbangaol menyebutkan rencana PD Pasar untuk memggusur pedagang di Pasar Bulan harus ditunda dan perlu dipertimbangkan. Sebab keberadaan pedagang adalah legal dan membayar kewajibannya.

“Walikota harus berpihak kepada yang lemah Pemko harus dapat memahami kondisi pedagang”, sebut Andi

Sama halnya anggota dewan lainnya Hasyim menyebutkan keberadaaan pedagang pasar bulan layak untuk dipertahankan. Sedangkan yang perlu hanya penataan bulan penggusuran. Bahkan Hasyim menyesalkan Pemko Medan yang todak transparn soal konsep penataan pedagang.

Sebelumnya Direktur operasional PD Pasar Johny Anwar menyebutkan mengaku rencana pemindahan pedagang pasar bulan adalah dilema. Namun pihaknya tetap menawarkan pedagang agar dapat pindah ke pasar yang dihunjuk seperti pasar induk, pasar halat, pasar pensisilan dan pasar sambu. Alasan relokasi pedagang pasar bulan karena menganggu fasilitas umum. (tjg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top