Pilkada

Anggaran Bawaslu Sumut di Pilkada 2018 Membengkak

ils bawaslu

MEDAN — Anggaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumut untuk Pilkada 2018 melonjak drastis jika dibandingkan dengan Pilgubsu 2013 silam.

Hal ini dikatakan Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida didampingi Komisioner Bawaslu, Herdi Munthe dan Aulia Andri saat FGD (Forum Grup Discussion) di sekretariat Jalan Sei Bahorok, Rabu (10/5).

“Kalau di Pilgubsu 2013 lalu anggaran Bawaslu hanya Rp69 Miliar. Tapi, untuk Pilkada serentak 2018 naik menjadi Rp249 Miliar,”ujar Syafrida.

Syafrida menyebutkan beberapa alasan mengapa anggaran Bawaslu melonjak lebih dari 3 kali lipat dibandingkan dengan Pilgubsu 2018.

“Di Pilgubsu 2013 honor untuk panwas kabupaten/kota dan jajarannya di tanggung APBD masing-masing Kabupaten/Kota. Kalau saat ini seluruh honor mereka ditampung APBD Provinsi. Bupati/Wali Kota hanya menanggung biaya kegiatan panwas seperti Bintek dan sebagainya,”jelasnya.

“Kita berkaca terhadap kejadian Pilkada di Kabupaten Tapteng. Dimana Pj Bupati Tapteng tidak mau mengeluarkan anggaran panwas, alhasil panwas disana tidak gajian pada tiga bulan terakhir,”tambahnya.

Wanita berhijan ini mengaskan hal itu jangan sampai terulang kembali di Pilkada 2018. Maka dari itu honor panwas ditanggung oleh APBD Provinsi Sumut.

“Panwas Kabupaten/Kota, Kecamatan serta Kelurahan itu bekerja selama 12 bulan atau mulai dari saat tahapan dimulai sampai tahapan berakhir. Tugas mereka berat yakni mengawasi pelaksanaan pilkada sesuai dengan aturan, bagaimana mereka mau menjalankan tugas kalau honornya tidak diberikan. Makanya kami putuskan honor mereka ditanggung oleh Bawaslu Sumut,”paparnya.

Komisioner Bawaslu, Herdi Munthe menambahkan bahwa pihaknya ingin memulai tahapan Pilkada 2018 bersamaan dengan tahapan yang dilakukan oleh KPU.

“Ketika KPU mulai melakukan pemutakhiran data, maka Bawaslu sudah hadir untuk mengawasinya. Saya tidak ingin ketika KPU sudah memutakhirkan data pemilih, panwas belum terbentuk. Ini juga alasan kenapa honor panwas ditampung oleh APBD Sumut,”bebernya.(TJG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top