Metro

Kecamatan Medan Perjuangan Bersih-Bersih Sungai Sei Kera

Warga kecamatan Medan Perjuangan Bersih-bersih sungai sei kera

MEDAN — Sejumlah petugas sapu bersih (Saber) melakukan pembersihan saluran terbuka di Jalan Mabar, Kelurahan Sei Kera, Kecamatan Medan Perjuangan, Rabu (10/5).

Pembersihan ini dilakukan agar aliran air berjalan dengan lancar sehingga saluran terbuka dapat mengendalikan debit air ketika hujan deras turun sehingga  meminimalisir terjadinya banjir.

Selain pekerja kebersihan Kecamatan Medan Perjuangan, pembersihan saluran terbuka ini juga melibatkan masyarakat sekitar. Mereka bersama-sama membersihkan sampah yang ada di permukaan saluiran terbuka. Pembersihan dilakukan menggunakan peralatan manual seperti cangkul, sekop serta penggaruk.

Camat Medan Perjuangan, Fahri Matondang pembersihan sungai sei kera bertujuan     agar saluran terbuka tetap bersih dari sampah, sendimen maupun tinja. Dengan demikian saluran terbuka ini dapat dipergunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat oleh masyarakat, terutama yang bermukim di sepanjang saluran terbuka.

“Pembersihan ini  akan rutin kita lakukan sehingga saluran terbuka ini benar-benar bersih dari sampah, sendimen maupun kotoran manusia.  Apalagi belakangan ini sering turun hujan, kita tidak mau sampah-sampah ini mengganggu kelancaran aliran air  yang akhirnya memicu terjadinya banjir,” kata Fahri.

Pembersihan saluran terbuka berjalan dengan lancar. Seluruh personel yang terlibat dalam pembersihan  memasuki saluran terbuka. Sampah maupun sendimen yang ada dibersihkan seluruhnya sehingga aliran alir pun semakin lancar.

Lantas, dia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga kebersihan saluran terbuka dengan tidak membuang sampah sembarangan lagi, sebab saluran terbuka bukan tempat sampah.

“Jangan buang sampah lagi ke dalam saluran terbuka ini,  terutama pada musim penghujan. Ingat, banjir itu terjadiakibat kebiasaan buruk kita buang sampah sembarangan. Mulai saat ini mari kita jaga bersama kebersihan saluran terbuka ini!”  pesannya. (TJG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top