Hot News

Ini Manfaat Sawit yang Jarang diketahui

Pariman membelah batang kelapa sawit untuk diambil getahnya yang dioleh menjadi gula merah
Pariman membelah batang kelapa sawit untuk diambil getahnya yang dioleh menjadi gula merah

Stabat – Gula merah merupakan satu produk olahan pertanian yang kerap digunakan masyarakat Indonesia, terutama sebagai pemanis ataupun bahan baku pembuatan kue dan kudapan.

Secara umum, gula merah merupakan konsentrat padat, yang dihasilkan melalui proses pemanasan dan karamelisasi cairan nira ataupun getah manis dari aren, kelapa, lontar (siwalan), maupun tebu.

Namun di Kabupaten Langkat, seorang warga membuat gula merah inovasi baru, karena memanfaatkan bahan baku nira dari tanaman kelapa sawit tua.

Terbilang unik, mengingat tumbuhan dengan nama ilmiah elais guinensiss jacq dari keluarga palmae ini, biasa dimanfaatkan buahnya untuk diproses menjadi minyak goreng, margarin, biosolar, bahan baku kosmetik, dan produk turunan lainnya.

Adalah Pariman, pria kreatif asal Desa Suka Mulia, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, yang mampu menyulap nira kelapa sawit menjadi gula merah bernilai ekonomis tinggi.

Bahkan pria 39 tahun itu, menjadikan gula merah dari kelapa sawit, sebagai produk andalan usaha keluarga, yang dikelola bersama sang kakak ipar, Samino (41).

Menurut Pariman, ide membuat gula merah berbahan baku nira kelapa sawit, didasarkan keprihatinan melihat banyaknya batang kelapa sawit tua, justru terbuang sebagai limbah.

“Awalnya karena saya merasa sayang. Sebab banyak batang sawit tua dibiarkan terbuang, setelah tidak lagi menghasilkan buah,” jelasnya seperti yang dikutip dari Littlearul.

Pages: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top