Metro

Ketua Pansus Sebut 4 SKPD Tolak Hadiri Pembahasan LKPj

MEDAN – Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) DPRD Medan kesal dengan sikap sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang menolak hadir rapat pembahasan LKPj Wali Kota Medan Tahun Anggaran 2016.

“Ada 4 SKPD yang tidak mau hadir kita undang rapat,”kata Ketua Pansus LKPj, Zulkarnain Yusuf, Senin (15/5).

Kata dia, ke 4 SKPD yang mangkir saat diundang rapat pembahasan LKPj yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang), Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) serta Dinas Perindustrian.

“Kalau sudah disurati 2 kali SKPD tak hadir juga, Pansus bisa memanggil paksa SKPD dengan meminta bantuan Polisi,” ujarnya.

Pansus, kata dia, sudah berkonsultasi ke Kemendagri perihal tenggat waktu pembahasan LKPj.

“Ada anggapan bahwa batas waktu pembahasan LKPj itu hanya 30 hari. Ternyata setelah dikonsultasikan tidak demikian. Kalau waktu yang 30 hari itu, jika LKPj tidak dibahas dalam waktu 30 hari, maka harus kembali ke eksekutif. Tapi, kalau dibahas, tidak ada deadline-nya kalau Pansus belum merasa puas terhadap hasil bahasan,” katanya.

Berdasarkan masukan dari Kemendagri itu, sambung Zulkarnain, Pansus kembali akan melakukan pembahasan dengan 4 SKPD yang tertunda.

“Kita telah jadwalkan hari ini. Rencananya, Disdukcapil akan hadir,” katanya.

Pembahasan lanjutan ini dilakukan, menurut politisi PAN dari Dapil IV ini, sangat penting, mengingat ada SKPD yang sangat berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat dalam hal pelayanan publik.

“Seperti Disdukcapil, kita perlu tahu sejauhmana pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terhadap administrasi kependudukan, berupa KTP, KK dan Akte Kelahiran,” sebutnya. ( TJG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top