Puluhan Anak Muda Tanpa Identitas Diamankan Satpol PP Kota Pematangsiantar

oleh
Puluhan remaja diamankan satpol PP karena tidak miliki Identitas
Puluhan remaja diamankan satpol PP karena tidak miliki Identitas

Pematangsiantar – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pematangsiantar melaksanakan razia dibeberapa lokasi dengan menyisir tempat anak-anak jalanan serta kos-kosan. Hasilnya, sebanyak 8 orang anak jalanan pengamen dari kawasan Taman Bungan dan belasan orang dari kos-kosan diamankan karena tidak memiliki identitas diri, Selasa (30/5/2017).

“ Melakukan razia ini sesuai dengan Perda Nomor 9 Tahun 1992 tentang wajib bersih lingkungan, keindahan dan ketertiban lingkungan umum,” terang Kepala Satpol PP, Robert Samosir melalui Kepala Bidang Trantibum, Abidin Damanik SH didampingi Kasi OPS Arpin Sinaga.

Namun yang dilakukan mereka saat ini ketertiban umum dalam rangka bulan suci ramadan yang mana umat muslim lagi melaksanakan ibadah puasa. Razia tersebut ucapnya, terbagi dua tim, satu untuk kos-kosan dan satu untuk mengamankan anak punk,pengamen, pengemis. Adapun dalam razia anak punk yang di amankan terdiri dari 2 perempuan dan 6 laki-laki.

Lanjut kata Abidin Damanik, Bagi orang yang berhasil diamankan, sudah dibina dan wajib menandatangani surat perjanjian untuk tidak mengulai perbuatanya lagi. Kemudian, mereka dilepas sesudah ada orang yang bertanggung jawab datang untuk menjemput.

“Kita membuat pembinaan kepada mereka dan kita sarankan supaya kembali kepada orang tua masing-masing. Hasil pemeriksanaan yang kita lakukan, anak-anak punk ini umumnya lari dari rumah karena berbagai masalah. Ada yang anak yatim-piatu dan juga ada yang orang tuannya sudah bercerai sehingga tidak ada yang memperhatikannya lagi,” jelasnya.

Sementara itu saat razia kos-kosan disisir sebanyak 6 tempat, antara lain di Jalan Kasat milik Hasan Nasution dan milik M Taufik Harahap. Kemudian, Jalan Surya milik Sri Ningsi, Jalan Dahlian milik Rubin Center Ginting, Jalan Malaku milik Bomer Manurung, Jalan Sitalasari Blok E milik Sukardi Purba.