Metro

Pemko Medan Ajukan Ranperda Ketentraman Umum Karena Ini

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin

MEDAN- Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum, Senin (12/06).

Tujuannya sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam mengawasi, mencegah dan menindak setiap kegiatan yang menggangu ketentraman dan ketertiban umum dalam masyarakat.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menyebut dengan adanya Ranperda tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menciptakan, menjaga dan memelihara ketentraman dan ketertiban umum dalam masyarakat.

Ketertiban umum yang akan diatur dalam Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum tersebut diantaranya tertib jalan, lalu lintas dan angkutan jalan, tertib jalur hijau, taman dan tempat umum, tertib sungai, saluran, kolam dan danau, tertib bangunan, tertib pemilik dan penghuni bangunan, tertib usaha pariwisata dan hiburan, tertib usaha tertentu, tertib kesehatan, tertib kependudukan dan tertib sosial.

“Kami berharap, kiranya Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum yang kami ajukan ini bisa dibahas sesegera mungkin oleh anggota dewan dan memberikan persetujuan dalam waktu yang tidak lama agar bisa ditetapkan menjadi Perda,”katanya.

Perda yang bertujuan menjaga ketentraman dan ketertiban umum merupakan peraturan yang menjadi dasar hukum bagi Pemda dalam menyelenggarakan urusan-urusan wajibnya.

Dengan demikian, Perda ini berisi ketentuan yang menjadi dasar Kewenagan Pemko Medan dalam menjalankan tugas menyelenggarakan ketertiban umum demi mewujudkan ketentraman seluruh warga Kota Medan. (TJG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top