Iran Negara Asia Pertama yang Lolos ke Piala Dunia 2018

oleh
Iran mengalahkan Uzbekistan sekaligus memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2018. (AFP)
Iran mengalahkan Uzbekistan sekaligus memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2018. (AFP)

TEHERAN – Setelah Rusia sebagai tuan rumah, dan Brasil, giliran Iran yang memastikan tempat di putaran final Piala Dunia 2018. Kepastian itu diraih melalui kemenangan 2-0 atas Uzbekistan pada Senin (12/6).

Iran menjadi tim pertama Asia yang mengunci satu tempat pada gelaran akbar yang akan digelar di Rusia pada tahun depan.

Penentu kemenangan sekaligus tiket ke Rusia adalah Sardar Azmoun dan Mehdi Taremi, yang masing-masing mencetak satu gol ke gawang Uzbekistan dalam duel di Teheran.

Hasil itu membuat tim asuhan Carlos Queiroz mengoleksi 20 poin dari 8 pertandingan di Grup A kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia.

Posisi Iran tak mungkin lagi digusur Uzbekistan yang menempati peringkat ketiga dengan 12 poin meski masih ada dua laga sisa.

Iran sudah pasti menjadi salah satu dari dua tim yang lolos otomatis dari Grup A. Di bawah Iran, ada Korea Selatan yang mengumpulkan 13 poin dari 7 pertadingan.

Korsel akan menjaga peluang lolos mengikuti Iran jika berhasil mengalahkan Qatar pada Rabu (14/6) dini hari WIB.
Bagi Iran, ini menjadi kali kelima mereka akan tampil di pentas Piala Dunia. Sebelumnya, mereka tampil pada putaran final Piala Dunia 1978, 1998, 2006, dan 2014.

Sukses itu pun disambut gembira oleh masyarakat Iran, termasuk Presiden Hassan Rouhani.

“Kemenangan kalian membuat kami semua gembira… Selamat untuk kelolosan ke Piala Dunia 2018 di Rusia,” tulis Rouhani di akun Twitter pribadinya.

Dari Grup B, belum ada satu tim pun yang memastikan lolos. Jepang, Arab Saudi, dan Australia, menempati peringkat tiga teratas dengan sama-sama mengoleksi 16 poin.

Namun, Jepang unggul karena baru melakoni 7 laga, sedangkan dua tim lain sudah 8 pertandingan.

Uni Emirat Arab, yang berada di peringkat keempat dengan mengoleksi 9 poin dari tujuh pertandingan, pun masih punya kesempatan mengejar dengan tiga laga tersisa.

Sumber: Pojok Satu