Kemenkominfo Mengajak UMKM Kota Semarang Go Online Melalui BLANJA.com

oleh
ils: Belanja online
ils: Belanja online

SEMARANG – Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Semarang memiliki daya tarik tersendiri bagi penyedia platform online. Oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang bersama Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, IdEA (Asosiasi E- Commerce Indonesia) serta BLANJA.com bekerjasama mengadakan workshop edukasi bagi para UMKM Kota Semarang untuk memasuki patform online.

Menurut Septriana Tangkary selaku Direktur Pemberdayaan Informatika, UMKM merupakan penggerak ekonomi terbesar Indonesia. Jika tercapai 8 juta UMKM yang Go Online pada tahun 2020 maka diharapkan ekonomi Indonesia mampu meningkat hingga 10 persen.

Tak hanya itu, Fikri selaku Head of Bussiness Operation BLANJA.com juga menambahkan, jika ingin memperluas pemasaran tetapi efisien dalam biaya operasional, maka berjualan melalui platform online adalah pilihan yang tepat bagi UMKM.

BLANJA.com on progress menyeleksi dan menyiapkan beberapa UMKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UMKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya, contohnya kemampuan berbahasa inggris menjadi hal yang wajib bagi UMKM yang akan Go Internasional.

Sebagai marketplace hasil kolaborasi strategis PT Telkom Indonesia dan eBay, BLANJA.com dinilai menjadi paltform online yang terbaik untuk memasarkan produk asli Indonesia milik UMKM Kota Semarang.

Untuk itu, di acara UMKM Go Online ini, para UMKM Kota Semarang yang hadir diberikan pelatihan langsung bagaimana cara memasarkan produknya pada platform online dimulai dengan mendaftar sebagai anggota di BLANJA.com hingga sesi pemotretan produk masing-masing UMKM untuk di-upload di toko online yang dibuka.

Dengan banyaknya UMKM Kota Semarang yang bergabung di BLANJA.com, maka diharapkan dapat memberikan pengaruh kepada UMKM lainnya untuk turut memasuki platform online dan banyak produk Indonesia yang bisa merambah ke pasar Internasional. (*)