Menjelang Lebaran Tingkat Kejahatan Meningkat, Ini Himbauan Pimpinan Dewan

0

MEDAN — Hari raya idul Fitri 1438 H tinggal menghitung hari. Menjelang hari besar keagamaan umat islam itu tidak jarang angka kejahatan mengalami peningkatan.

Untuk itu, aparat kepolisian diminta untuk bisa meningkatkan keamanan agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Kita minta Kepolisian meningkatkan kinerjanya jelang lebaran,”kata Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, Jumat (16/5).

Selain itu, Ihwan juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih peka dan waspada. “Kalau bisa saat bepergian keluar rumah, penampilan nya jangan terlalu mencolok sehingga menarik perhatian orang banyak,”imbuhnya.

“Tidak kalah penting, hindari membawa uang kontan terlalu banyak,”tambahnya.
Politisi Gerindra ini juga mengingatkan agar warga langsung melaporkan hal-hal yang dianggap mencurigakan kepada kepala lingkungan (kepling)

“ Jangan biasakan cuek. Siapa tahu karena Anda bertanya nyawa tetangga Anda selamat,”tuturnya.

Di samping itu, lanjut Ihwan, peranan kepling juga sangat penting dalam menjaga keamanan sekitarnya.

“Tugas kepling bukan hanya mengurusi KTP warga tapi juga membangun kebersamaan dan keamanan di lingkungannya,”pungkasnya.

Kepling, lurah bersama Camat, tegas Ihwan, harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi di wilayahnya.

“Banyak rumah yang akan kosong menjelang lebaran, karena ditinggal mudik oleh pemiliknya. Penanggung jawab wilayah harus bisa memastikan rumah yang ditinggalkan pemiliknya mudik aman,”ucapnya mengakhiri.(TJG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here