Pesawat Susi Air ditembak Saat Angkut 5 Orang Polisi

0

JAKARTA – Aksi Penembakkan kembali terjadi di Distrik Mulia, Puncak Jaya, Papua. Kali ini, Pesawat Susi Air yang ditembak dalam perjalanan dari Distrik Lumo ke Distrik Muliasaat mengangkut 5 anggota polisi. Mereka baru saja kembali dari tugas pengamanan (pam) Pemungutan Suara ulang (PSU).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto menyatakan kegiatan PSU digelar di Distrik Lumo pagi tadi, Jumat (16/6). Lima anggota polisi itu diberangkatkan dari Mulia ke Dumo pada pukul 08.50 WIT.

“Pesawat Susi Air jenis pilatus PK-BVC membawa 8 penumpang terdiri dari 5 orang anggota pengamanan PSU di Distrik Lumo yang akan kembali ke Mulia selesai melaksanakan pam PSU,” ujar Rikwanto dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (16/6/2017).

“Pada saat landing dengan jarak kurang lebih 300 m dari apron pilot mematikan mesin pesawat karena mengalami kempes di ban sebelah kanan,” kata Rikwanto.

Beruntung tak ada korban akibat crash landing itu. Aparat keamanan dibantu masyarakat lalu mengevakuasi pesawat menuju apron dengan cara mendorongnya.

Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan bekas lubang yang diindikasikan akibat tembakan. Dari keterangan anggota pam yang ikut dalam penerbangan, kata Rikwanto, mereka mendengar tiga kali tembakan dari arah ujung lapangan terbang sebelah sungai saat pesawat take off.

“Di daerah Distrik Lumo terdapat Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Tendison Enumbi yang dimungkinkan mengetahui keberadaan anggota Polri yang hendak kembali ke Mulia setelah selesai melaksanakan pengamanan PSU,” sebutnya.

Meski begitu belum dapat dipastikan siapa yang melakukan penembakan itu. Pihak maskapai Susi Air segera menerjunkan tim untuk mengecek pesawatnya yang ditembak.

“Besok (17/6) engineer kami akan ke Mulia untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Safety Manager Susi Air Christine melalui pesan singkat, Jumat (16/6).
Sumber: Detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here