Ada Temuan Kerugian Negara di 13 OPD, Ini yang dilakukan Bupati Asahan

0
Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang
Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang

ASAHAN- Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang menjadikan skala prioritas terkait temuan pemerikaaan penggunaan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di 13 Organisasi Perangkat Daerah Asahan.

“Saya minta para OPD untuk dapat segera menyelesaikan berbagai permasalahan keuangan yang menjadi temuan BPK,” ucapnya

Selain itu, ia minta temuan tersebut untuk dijadikan skala prioritas, agar ditahun mendatang temuan seperti ini dapat diminimalisir dan kalau bisa harapnya, tidak ada temuan kembali seperti ini.

“Saya minta dan tegas agar persoalan terkait temuan penggunan keuangan yang dilakukan oleh tim pemeriksa keuangan dari BPK tidak lagi terjadi untuk tahun-tahun mendatang, ” kata Taufan.

Taufan juga minta kepada para rekanan yang kerjaannya menjadi temuan BPK agar dapat mengembalikan kerugian keuangan negara tersebut. Selain itu, sebutnya menyampaikan bukti pengembalian keuangannya kepada OPD yang ditembuskan laporannya kepada Bupati dan Inspektorat.

Terpisah, terkait temuan permasalahan keuangan oleh BPK, Wakil Bupati Asahan H Surya lagsung turun melakukan monitoring kinerja terhadap OPD yang menjadi temuan BPK tersebut.

Saat melakukan sidak di 13 OPD tersebut, Surya langsung didampingi oleh Seketaris Daerah Kabupaten Asahan H Sopyan,Asisten I Pemerintahan, Inspektur Kabupaten Asahan dan Plt Kadis Kominfo.

Dalam monitoring tersebut Surya mengatakan dengan adanya temuan BPK ini sudah tentu akan mempengaruhi penilaian daerah.

Adapun 13 OPD yang menjadi temuan BPK tersebut diantaranya, Dinas PU dan PR, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Pengelolaan Pendapatan, Dinas Pendidikan, BPKAD, Disporapar, Kabag Kesra, BPBD, Dinas Arsip dan Perpustakaan, Dinas Ketenaga Kerjaan, Disdukcapil dan Bappeda.

Untuk menyikapi hal ini, Sekretaris Daerah selaku TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) dan Ketua TP/TGR (Tuntutan Perbendaharaan/Tuntutan Ganti Rugi) akan meminta dan menuntut kepada OPD maupun rekanan yang menjadi temuan BPK serta menimbulkan kerugian untuk segera dapat mengembalikannya ke Kas Negara (bob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here