Lepas Kloter I, Erry Minta Jemaah Doakan Sumut

oleh
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melepas keberangkatan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kelompok Terbang (Kloter) 01 Embarkasi Medan
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melepas keberangkatan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kelompok Terbang (Kloter) 01 Embarkasi Medan

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melepas keberangkatan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kelompok Terbang (Kloter) 01 Embarkasi Medan Tahun 1438/2017 M di Asrama Haji Medan, Jumat (28/07/2017).

“Saya ucapkan selamat jalan para jamaah dan petugas haji yang mendampingi. Kami titip, doakan agar Sumatera Utara (Sumut) khususnya Kota Medan agar tetap dalam suasana kondusif, aman dan damai. Kita bisa hidup berdampingan dengan beragam suku dan agama yang ada,” ucap Erry.

Hadir dalam kesempatan itu diantaranya Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis, Wakil DPD RI Prof Darmayanti Lubis, Ketua MUI Sumut Abdullahsyah, Wali Kota Medan Dzumi Eldin, Ketua MUI Kota Medan Prof Hatta dan Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin.

Selanjutnya, Erry berharap para Calhaj benar-benar memanfaatkan momentum pelaksanaan rukun Islam kelima itu dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan senantiasa bersyukur dan juga bersabar terhadap sejumlah cobaan selama berada di tanah suci.

“Ibadah haji ini termasuk ibadah fisik. Apalagi disana perubahan cuaca cukup ekstrim dibandingkan ditempat kita. Untuk itu perlu bagi kita untuk senantiasa bersyukur dan bersabar dalam menghadapi setiap cobaan yang ada,” ujar Erry.

Sebagai orang-orang pilihan bagi tamu Allah, lanjut Erry, para jamaah haji dari Sumut khususnya dapat menjadi duta Indonesia yang mengedepankan kesantuan dan lebih baik dari pada jamaah haji yang berasal negaran lain.

Erry juga menceritakan bahwa, kedatangan Raja Salman ke Indonesia beberapa waktu lalu maka kuota haji untuk Sumut dan Indonesia sudah kembali normal dan malah meningkat. Jika tahun lalu kuota calhaj Embarkasi Medan sekitar enam ribuan, tahun ini mencapai delapan ribuan.

“Kuota haji kita sempat terpotong dan Alhamdulillah kini kembali normal dan malah lebih meningkat. Begitupun kalau sekarang kita mendaftar haji dan membayarnya maka 13 tahun lagi kita baru berangkat. Oleh karenanya bapak ibu adalah orang-orang terpilih dan semoga mendapatkan predikat Haji dan Hajjah Mabrur,” tutur Erry.