Selain Sabu Petugas juga Amankan Revolver

0
Pengungkapan sabu 44 kg di Serdai (Foto: Jefris Santama/detikcom)
Pengungkapan sabu 44 kg di Serdai (Foto: Jefris Santama/detikcom)

Medan – BNN mengungkap jaringan narkoba jenis sabu asal Malaysia di Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut). Selain menyita puluhan kilogram sabu, petugas juga menyita sepucuk revolver beserta satu kotak peluru.

“Barang bukti sabu, beberapa kartu identitas, senjata revolver dan peluru,” kata Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw kepada wartawan di Mapolda Sumut, Sabtu (15/7/2017).

Paulus mengatakan, pengungkapan yang dilakukan oleh tim gabungan BNN, Polda Sumut dan Bea Cukai ini terjadi pada tadi pagi.

“Pelaku yang diamankan 10 orang. Ada dua pelaku dilumpuhkan dan meninggal dunia,” ujarnya

Sementara itu, Deputi Pemberantasan Narkoba BNN Irjen Arman Depari meralat jumlah barang bukti sabu yang disita. Sebelumnya, dia sempat menyebut sabu yang disita sekitar 50 kilogram. Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan petugas, sabu tersebut sebanyak 44 kilogram.

“Kemudian barang bukti, saya mohon maaf rupanya ada 44 bungkus. 1 bungkus beratnya 1 kilogram. Jadi (beratnya) 44 kilogram. Memang tadi ada sempat lolos, itulah yang menyebabkan anggota kita luka di kaki,” terang Arman.

Ia menjelaskan, sabu tersebut berasal dari Malaysia. Barang haram itu dibawa melalui laut dengan menggunakan perahu nelayan kemudian masuk ke Pantai Cermin, Sergai.

Setelah itu, sabu dibawa menggunakan mobil untuk diedarkan. Namun, tepat di seputaran SPBU, pelaku ditangkap.

“Rencananya (sabu) ini akan diedarkan di Sumut. Tadi diperkirakan menurut informasi yang kita terima ada 60 (kilogram sabu). Nah ini menjadi PR kita BNNP, Polda dan Bea Cukai. Karena, jumlah yang sempat lolos ini cukup banyak juga,” jelas Arman.

sumber detik

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here