Gerindra Usung Gus Irawan di Pilgub Sumut

oleh
Ketua DPD Partai Gerindra Sumut, Gus Irawan Pasaribu (dua kanan) saat melepas balon ke udara pada peringatan HUT ke 9.
Ketua DPD Partai Gerindra Sumut, Gus Irawan Pasaribu (dua kanan) saat melepas balon ke udara pada peringatan HUT ke 9.

JAKARTA –  Setelah partai Golkar memutuskan T Erry Nuradi dan Ngogesa Sitepu dalam pilgub Sumut 2018, kini giliran Partai Gerindra. Seperti yang sudah diperediksikan, dukungan partai Gerindra tersebut jatuh kepada kadernya sendiri, Gus Irawan Pasaribu

di Pilgub Sumatera Utara 2018. mengungkapkan, partainya mengusung Gus Irawan Pasaribu di Pilgub Sumut.

“DPP Gerindra secara penuh akan mengusung Gus Irawan Pasaribu untuk maju di Pilgub Sumut 2018. Beliau merupakan kader Gerindra yang loyalitasnya terhadap partai tidak perlu diragukan,” ujar Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad seperti yang dikutip dari Detik, Sabtu (26/8/2017).

Gus Irawan sendiri sempat maju pada Pilgub Sumut lalu, namun kalah dari pasangan Ganteng (Gatot Pudjonugroho dan Tengku Erry Nuradi). Sebagai Ketua DPD Gerindra Sumut, Gus Irawan diyakini akan mendulang suara mengingat saat Pilgub sebelumnya, suara yang dia dapat tak terpaut jauh dari pasangan pemenang.

“Kemarin maju Pilgub Sumut kalah nggak banyak. Selama menjabat sebagai anggota DPR, Gus Irawan sudah menunjukkan kualitas dan kuantitas yang mumpuni dalam membela kepentingan rakyat,” jelas Dasco.

Di DPR, Gus Irawan mendapat posisi sebagai Wakil Ketua Komisi VII. Menurut Dasco, rapat pleno DPD Gerindra Sumut memutuskan mendukung Gus Irawan di Pilgub Sumut. Aspirasi itu menurut Dasco diamini oleh Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

“Yang terpenting beliau (Gus Irawan) sudah mendapatkan restu dari Pak Prabowo Subianto untuk maju dalam Pilgub Sumut 2018 ini,” terang anggota Komisi III DPR itu.

“Jadi harus kita menangkan pertarungan ini, agar nantinya di 2019 kita bisa berjuang menangkan Partai Gerindra dan Pak Prabowo Subianto menjadi presiden Indonesia selanjutnya,” imbuhnya.

Keputusan Gerindra ini memupus harapan Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi yang juga ingin maju di Pilgub Sumut. Latar belakang Edy dan Prabowo yang sama-sama berasal dari TNI sempat dianggap membuka kans Gerindra mengusung jenderal bintang tiga itu.

Dasco menjelaskan alasan partainya tidak memilih Edy. Hal tersebut lantaran pada rakernas terakhir, Gerindra memutuskan untuk mengusung kader sendiri yang berpotensial untuk pilkada. Baik untuk posisi cagub/cagub/calwaklot atau posisi wakilnya.

“Gus Irawan kader potensial. Amanat rakernas, kader yang potensial untuk maju pilkada baik sebagai no 1 atau no 2,” ucap Dasco.

Untuk mengusung Gus Irawan, saat ini DPD Gerinda Sumut sedang menjalin penjajakan dengan partai lain. Ada tiga partai lain yang disebut Dasco berpotensi bergabung untuk menyediakan tiket bagi Gus Irawan.

“Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat. Sedang penjajakan, kita serahkan dulu kepada daerah,” sebutnya.

Sumber: Detik.com