6 Tanaman Beracun, Nomor dua Sempat menghebohkan Indonesia

oleh
ubi racun
ubi racun

Suarakita.co.id – Tanaman beracun mengiringi sejarah manusia yang harus mati, secara sukarela atau dipaksa memakannya. Sebut saja, Socrates yang harus menerima kenyataan hidup harus dihukum mati karena dituduh tidak percaya Tuhan oleh pengadilan Athena .Ia pun dipaksa meminum racun dari tanaman hemlock
Ternyata tanaman beracun, tidak hanya ada di Eropa saja dan di Indonesia, tanaman beracun tersebut banyak tumbuh secara leluasa di lingkungan kita.

Berikut tanaman yang sangat beracun, bila dikonsumsi dalam dosis yang berlebih akan sangat membahayakan.

1. Biji Jarak

Biji Jarak
Biji Jarak

Daun dan getah jarak, banyak sekali kita temukan di sekliling rumah kita. Namun siapa sangka, tanaman yang biasanya juga digunakan dalam ramuan tradisional tersebut mengandung racun yang sangat mematikan. Ya, tanaman tersebut pada bagian bijinya mengandung racun yang sangat mematikan.

Memakan dua bijinya saja, sudah lebih dari cukup untuk membunuh seseorang. April 2013 lalu, Gedung Putih dihebohkan dengan, sebuah surat yang ditujukan kepada Presiden Amerika, Barack Obama. Dalam surat tersebut terlampir racun ricin, nama lain atau sampingan biji jarak.

Bila mengonsumsinya, akan mengganggu sistem peredaran darah dan pernafasan. Saat ricin masuk dalam tubuh, satu molekul ricin akan membunuh satu sel. Bila senyawa ini terhirup dan tertelan dapat membunih seseorang dalam waktu 40 jam. Banyak para ahli mengatakan ricin seganas virus antrax dan sampai sejauh ini belum ada ditemukan penawarnya.