Yuk kenal Lebih Jauh, apa itu Herba

oleh
Herba
Herba
  • Apa itu Herba? Bukan Herbal.

Suarakita.co.id – Herbal adalah tumbuhan atau tanaman berkhasiat obat. Sedangkan Herba yakni tumbuhan atau tanaman yang memiliki batang lunak dimana dimanfaatkan aroma, rasa dan warnanya.

Herba disebut tumbuhan Terna, maksudnya tumbuh secara musiman, bisa bulanan bahkan tahunan. Tumbuhan yang tak hanya ditanam sebagai hiasan kebun ini, juga bisa dimanfaatkan dalam masakan.

Bicara tentang masakan, ada beberapa contoh herba yang sering digunakan dalam setiap masakan. Karena tak banyak bahan pangan atau jenis sayuran dan bumbu alami yang memberikan sentuhan rasa lebih berani seperti dedaunan herba.

Tangkai dan daun dari jenis-jenis herba yang awalnya hanya digunakan sebagai aksen atau garnish saja, lambat laun mendapat tempat tersendiri dalam racikan masakan, baik dalam masakan Indonesia terlebih lagi western food yang nyatanya lebih berani menggunakan daun-daun indah itu yang seakan menari lincah dipiring sampai menggugah selera makan dengan hadirnya bentuk, rasa dan aromanya yang khas.

Identitas/Ciri Herba

*Herba mempunyai ciri batang yang tidak berkayu (lunak) karena memiliki jaringan kayu yang sangat sedikit dimana pada saat mati, bagian batang tidak akan ada yang tersisa dipermukaan tanah

*Masing-masing herba, khususnya yang berjenis daun, punya kepribadian unik, seperti kadar manis atau pedas tersendiri. Juga rasa yang lainnya