Kamis ini Jalan Tol MKTT tidak Lagi Gratis, Ini Tarifnya yang … …

oleh
Jokowi Selfie Bersama Gubsu Saat Resmikan Jalan Tol MKTT beberapa waktu lalu
Jokowi Selfie Bersama Gubsu Saat Resmikan Jalan Tol MKTT beberapa waktu lalu

MEDAN – Kamis nanti (19/10) ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) ruas Kualanamu-Sei Rampah  rencananya tidak lagi gratis. Hal ini menyusul akan diberlakukannya tarif jalan tol ruas Kualanamu-Sei Rampah .

Namun,  menjelang akan diberlakukannya tarif oleh pemerintah, pengguna jalan menilai tarif yang akan ditetapkan tersebut terlalu mahal. Bayangkan saja, bila dikalikan perkilometer, tarif tol Kualanmu sampai Sei Rampah 42 km sekitar Rp41 ribu

“ah mahal kali tarifnya, kalau seperti ini antara malas dan tidak kalau melintas di jalan tol,” ucap Yasri seorang pengguna jalan saat ditanya mahalnya tarif tol

tarif tol
tarif tol

Sebelumnya Agus Setiawan, Corporate Secretary Jasa Marga mengatakan Sesuai Keputusan Menteri (Kepmen), tujuh hari setelah penetapan tarif itu kan harus dilakukan sosialisasi dulu. Jadi hari ke 8 sudah bisa dikenakan.

“Perkiraan berarti tanggal 19 Oktober dikenakan tarif,” kata Agus di sela-sela peresmian ruas tol Kuala Namu-Rampah

Agus menuturkan, Kepmen tarif tol tersebut ditetapkan pada 12 Oktober lalu untuk jalan tol MKTT. Nantinya masyarakat dapat membayar sesuai jarak yang ia tempuh.

“Jadi bergantung dari jarak yang ditempuh. Kalau lebih dekat sekian kilo dikalikan per kilonya. Kalau jarak terjauh itu dari ujung ke ujung, dari Kualanmu sampai Sei Rampah ya dikalikan saja 42 km sekitar Rp41 ribu,” ungkapnya.

Tol MKTT sepanjang 61,7 KM, tetapi baru 42 KM yang dilintasi. Sisanya, akan diselesaikan dan ditarget bisa dioperasikan tahun 2018 mendatang. Tol ini merupakan yang terpanjang yang ada di luar Pulau Jawa. (rs)