Tipe Manakah Kamu?, ini empat karakter Manusia

oleh
ils: karakter Manusia
ils: karakter Manusia

Suarakita.co.id – Mengenal karakter seseorang sangat bermanfaat dalam sebuah hubungan yang akan dibangun. Bahkan, untuk mendapat pekerjaan, perusahaan biasanya melakukan tes psikologi dan interview agar dapat melihat kepribadian orang tersebut.

Dalam dunia psikologi, terdapat banyak teori yang membahas tentang karakter seseorang. Salah satu teori yang paling terkenal saat ini adalah teori 16 kepribadian yang dikemukakan oleh Carl Jung. Namun, sebelum teori kepribadian ini berkembang, jauh sebelum itu ada teori empat temperamen yang sudah ditemukan dari jaman dahulu kala.

Tahukah Anda bahwa kepribadian seseorang dapat dibedakan berdasarkan temperamennya? Penemuan ini berawal dari tabib Yunani Hippocrates yang menggabungkan empat temperamen ini sebagai bagian dari teori pengobatannya.

Ia mengemukakan bahwa empat cairan di dalam tubuh dapat membedakan karakter dan kebiasaan seseorang. Tipologi ini merupakan bagian dari konsep medis kuno, yang disebut sebagai humorism. Humorism di sini mengacu pada cairan tubuh. Setiap orang memiliki cairan tubuh yang berbeda. Dipercaya cairan tubuh yang paling unggul ini mempengaruhi temperamen dan psikologi seseorang.

Di samping itu, ada beberapa orang yang memiliki karakter campuran. Yang dimaksud karakter campuran adalah seseorang tidak bisa direpresentasikan hanya dengan satu karakter yang terdapat pada teori psikologi. Contohnya, pada empat temperamen ini, karakter seseorang dibedakan menjadi empat grup ada sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Sedangkan pada karakter campuran, seseorang dapat diidentifikasi bahwa ia adalah sanguinis melankolis.