HUT Ke-72, Marinir Pamerkan Alutsista dari Masa ke Masa

oleh
Konferensi pers HUT ke-72 Korps Marinir. (Kanavino/detikcom)
Konferensi pers HUT ke-72 Korps Marinir. (Kanavino/detikcom)

Jakarta – Korps Marinir TNI AL akan menggelar sejumlah rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT ke-72. Selain pengerahan 3.500 prajurit, aksi terjun payung hingga parade kendaraan tempur akan ditampilkan.

“Sekitar 3.500 personel, termasuk pendukung,” kata Ketua Bidang Upacara Militer dan Defile Peralatan Tempur Kegiatan HUT Ke-72 Korps Marinir, Kolonel Mar Oni Junianto, di ruang rekreasi Yonif-6 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (1/11/2017).

HUT ke-72 ini mengambil tema ‘Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional’. Tema itu, disebut Oni, selaras dengan jiwa marinir yang ingin selalu berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara.

“Tidak hanya semangat perjuangan saja, untuk menghadapi situasi semakin kompleks ini, profesionalitas prajurit yang akan mengiringi semangat perjuangan itu,” sambungnya.

Rangkaian HUT ke-72 marinir ini dimulai pada 14 November dengan melaksanakan istigasah di Masjid Al-Ikhlas, Cilandak, Jaksel. Setelah itu, puncak peringatan akan digelar di lapangan upacara Brigif-2 Marinir. Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi akan memimpin upacara militer dan defile tersebut.

“Upacara militer dan defile akan digelar di lapangan upacara Brigif-2 Marinir, Cilandak, pada 15 November,” terang Oni.

Acara akan disambung pada hari selanjutnya dengan agenda Sarasehan Marinir. Selain itu, ada Marinir Fair, yang diselenggarakan di lapangan apel Brigif-2 pada 16-19 November 2017.

Marinir Fair akan diisi sejumlah pergelaran yang akan menghibur pengunjung, seperti pameran alutsista dari masa ke masa, produk ekonomi kreatif masyarakat, bazar barang dan kuliner, paintball, outbond, terjun payung, parade kendaraan tempur amfibi, demo taktis serangan marinir, demo bela diri pencak silat, tarian tradisional, dan military game.

Selain itu, bakal ada peluncuran buku ensiklopedia Korps Marinir TNI AL. Buku ini merupakan buku ke-11 yang diluncurkan marinir.

Rangkaian HUT ke-72 lainnya adalah lomba menembak Marinir Cup, yang akan digelar di Jakarta, Surabaya, dan Lampung. Selain itu, HUT ke-72 ini diisi kegiatan ziarah ke berbagai taman makam pahlawan (TMP), yakni TMP Cirebon, TMP Tegal, TMP Pemalang, TMP Kalibata dan Ciledug, TMP Surabaya, dan TMP Manado.

Agenda terakhir dari HUT ke-72 ini adalah peresmian Masjid At-Taqwa yang akan dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Markas Komando Korps Marinir di Kwitang, Jakarta Pusat, pada 17 November 2017.
(knv/idh)