Kini Trump ancam Hentikan Bantuan untuk Palestina

oleh

Suarakita.co.id, NewYork – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali membuat kegaduhan. Kali ini, ia berencana akan menghentikan aliran dana bantuan ke Palestina karena wilayah itu dianggap tidak bersedia merundingkan perdamaian.

“Kami membayar Palestina jutaan dollar setiap tahun dan tidak mendapat apresiasi atau penghomatan. Mereka bahkan tidak ingin merundingkan traktat perdamaian dengan Israel yang sudah lama belum dirampungkan,” cuit Trump di Twitter.

“Namun, karena Palestina tidak lagi bersedia merundingkan perdamaian, mengapa kami harus melakukan pembayaran dalam jumlah besar kepada mereka di masa mendatang?” sambungnya.

Soal mengapa Palestina tidak lagi bersedia berunding sejatinya telah dikemukakan Presiden Mahmoud Abbas setelah Trump memutuskan mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan akan memindahkan kedutaan AS ke sana.

“Amerika Serikat terbukti merupakan mediator tak jujur dalam proses perdamaian,” kata Abbas seperti yang dilansir dari BBC.

Dia menambahkan, Yerusalem “selamanya ibukota negara Palestina”.

Cuitan Trump adalah lanjutan dari pernyataan Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley. Menurutnya, AS akan berhenti menyumbangkan dana kepada badan PBB yang menangani pengungsi Palestina.