Indahnya Air Terjun Sipitu Tikka, Wisata Terpendam di Simalungun

oleh
Air Terjun Sipitu Tikka
Air Terjun Sipitu Tikka

Suarakita.co.id, Simalungun – Simalungun memang terkenal sebagai satu kabupaten yag memilik objek wisata. Bila selama ini, banyak masyarakat yang hanya mengenal Parapat- Danau Toba ternyata masih banyak lagi objek wisata yang menarik untuk dijelajahi, salah satunya Air Terjun Sipitu Tikka yang, terletak di Nagori Buntu Turunan Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun.

Untuk sampai ke lokasi tersebut, dapat ditempuh dengan perjalanan selama dua jam dari Kota Pematangsiantar . Setelah tiba di Simpang Buntu, adrenalin para penikmat alam akan diuji dengan tantangan demi tantangan medan sudah menanti.

Perjalanan ke lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, namun disarankan para pecinta adventure menggunakan kendaraan 4WD atau sepeda motor trail. Pasalnya, dalam perjalanan akan melewati perkebunan kelapa sawit, perkampungan warga dan 3 anak sungai yang salah satunya adalah sungai Hapasuk yang terkenal dengan bebatuannya.

Namun selama perjalanan, para wisatawan jangan terkejut apabila banyak beberapa warga yang melaimbaikan tangan meminta tumpangan untuk mengantarkannya ke Desa lainnya yang dilalui. Hal itu dikarenakan masih sulitnya sarana transportasi yang beroperasi ke daerah tersebut. Akan tetapi, itu merupakan bagian dari perjalanan wisata alam tersebut.

Air Terjun Sipitu Tikka yang diambil dari Bahasa daerah Simalungun ini terletak di Nagori Buntu Turunan Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun, tepatnya di kawasan PLTMH Silau Lau. Curahan airnya dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik oleh PT. BSE.

Meskipun tidak dibuka untuk umum, para pengunjung dapat melaporkan diri dulu kepada Pos Penjagaan PLTMH terkait maksud dan tujuan kedatangannya.

Usai dipersilahkan masuk, para wisatawan kembali disambut dengan rute perjalanan yang berkelok-kelok serta turunan yang curam serta sempit untuk mencapai lokasi air terjun. Bagi pengunjung yang megendarai roda empat, disarankan untuk mematikan tape mobil karena asiknya suara gemericik air terjun akan menemani perjalanan anda hingga tiba ke lokasi dan setelah tiba, rasa lelah perjalanan akan hilang dengan keindahannya yang asri dan memukau.