Periksa Kesehatan Paslon, KPU Sumut Gandeng IDI dan BNN

oleh

SUARAKITA.CO.ID, MEDAN – Untuk megecek kesehatan pasangan bakal calon (Paslon) Gubernur dan wakil Gubernur Sumut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut akan menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI), himpunan psikolog, dan Badan Narkotika Nasional (BNN).
Hal tersebut diucapkan, Anggota KPU Sumut Benget Manahan Silitonga di Medan, Sabtu, (6/1/2018)

“kerjasama tersebut untuk memperlancar pemeriksaan kesehatan, psikologis, dan keterlibatan dengan narkoba terhadap seluruh pasangan bakal cagub,” ucapnya.

Sejauh ini pihaknya masih belum mengetahui rumah sakit mana yang akan digunakan untuk dilakukan pemeriksaan terhadap bakal calon gubernur tersebut.

“berdasarkan kordinasi, disepakati juga bahwa IDI yang akan menentukan tim medis dan peralatan yang akan digunakan dalam pemeriksaan itu. Jadi, mengenai lokasi dan dokter yang memeriksa, IDI yang menentukan,” katanya.

Hal yang sama juga akan ditentukan oleh IDI terkait rumah sakit mana yang akan dilakukan dalam, pemeriksaan narkoba dan psikologis terhadap para paslon.

Dengan cara itu, proses pemeriksaan kesehatan, kondisi psikologis, dan tes urine terhadap seluruh pasangan cagub lebih praktis.

“Keseluruhan pemeriksaan dan tes narkoba dan kejiwaan akan dipusatkan dalam satu tempat dan semua diserahkan kepada IDI,” ucapnya

Seperti diketahui proses pemeriksaan kesehatan, psikologis, dan tes narkoba tersebut dilakukan sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 231 tahun 2017 tentang Status Kesehatan Bakal Calon. (tjg)