Evolusi HP serta Perubahan Visi Misinya

oleh

SUARAKITA.CO.ID, Bagaimana dengan perubahan Hp sebagai alat komunukasi manusia?

Komunikasi, terpenting dari apapun. Sejak manusia mengenal bahasa. Tanpa komunikasi bagaimana berinteraksi? Bagaimana jalannya dunia ini? Maka manusia pun berinovasi..

Hp (Hand Phone) yang lumrah sebagai alat komunikasi penghubung jarak, mempersingkat yang jauh, dimana selalu jadi alasan untuk sekedar bertutur kata. Sekarang, bahkan lebih dari itu. Ekspektasi dreams come true yang dulu katanya hanya khayalan saja. Hp yang sudah jadi kebutuhan wajib hampir seperti sandang pangan, yang jelas sekali kini berubah. Mengalami perubahan bentuk dan fungsinya

Sejarah kemunculan hp dengan banyak versi mengungkapkan bahwa hp itu sendiri terus berkembang, berinovasi. Ada yang menyebutkan ditahun 1918, seorang pakar switching Amerika Serikat mencoba membuatnya. Begitu banyak versi-versi ceritanya. Yang jelas hp diketahui pertama kali memiliki berat hingga 2 kilogram. Hmmm…, bandingkan dengan sekarang?

Dalam rentan waktu dari awal abad ke 19 hingga saat ini, berat itu semakin menurun. Layaknya orang menjalani diet, dan berhasil. Hp mulai dari yang namanya hape (saja) hingga sampai ada jenisnya seperti Smartphone, Android atau apapun itu memiliki berat sekitar 100 sampai 125 gram. Benar-benar perubahan yang sangat signifikan. Sangat mempermudah kita untuk dibawa kemanapun.

Hp yang hanya sekedar sebagai penghubung dengan cepat, yang hanya untuk mengatakan Hallooo, lalu berubah menjadi perangkat layaknya berkirim surat. SMS mewakili kata Sending Messages Service tak jauh berbeda seperti berkirim surat. Suatu perubahan fungsi yang sangat cepat sekali, sms hadir sebagai pengganti untuk mengabarkan diri.

Setelah itu apalagi? Banyak!

Hp yang tak hanya bisa menghubungi satu dengan yang lain atau berkirim pesan, semakin berinovasi dengan tambahan bisa melihat waktu, ada alat penghitungnya seperti kalkulator, bahkan juga bisa mendengarkan radio. Di Indonesia, hp dengan merk N yang masih lumayan berat itu saja begitu banyak orang ingin membelinya.