Yunani Akan Legalkan Ganja untuk Perobatan

oleh
ils: ladang ganja
ils: ladang ganja

Suarakita.coid, Athena – Parlemen Yunani diperkirakan akan menyetujui penggunaan ganja untuk keperluan medis dalam beberapa pekan mendatang, Minggu (14/1)waktu setempat

Wakil Menteri Pengembangan Pertanian Yannis Tsironis kepada AFP mengatakan, bahwa perubahan itu akan menarik investasi ke negara tersebut.

“Dalam beberapa pekan ke depan, amendemen akan diajukan ke parlemen untuk menentukan kerangka legislatif untuk penanaman dan pembuatan produk farmasi berbahan dasar ganja medis, yang akan membuka peluang bagi investasi Yunani dan asing,” katanya

Tsironis mengatakan bahwa legalisasi ganja untuk keperluan medis dapat menarik investasi 1,5 sampai 2 miliar euro (sekitar Rp24,3-32,5 triliun), dengan perusahaan Yunani, Israel dan Kanada telah menyatakan minatnya.

Wakil menteri tersebut, bersama dengan pejabat pemerintah lainnya, menghadiri pameran ganja medis pertama di Yunani pada akhir pekan ini.

Lebih dari 100 bisnis lokal dan asing berpartisipasi dalam acara tersebut, yang diadakan di dekat Athena.

Pemerintah tahun lalu mengesahkan impor beberapa produk farmasi berbahan dasar ganja medis, serta budidaya ganja untuk keperluan industri.

Sebelumnya, kasus ganja ini sempat menghebohkan Indonesia pada Agustus lalu. Saat itu Fidelis Arie yang menanam ganja untuk pengobatan istrinya.

Atas tindakkanya tersebut ia pun ditangkap dan menjalani persidangan. Saat itu, meski mengaku ganja yang ia tanam untuk perobatan sang istri, tak menjadi pertimbangan majelis hakim. Fidelis dinyatakan bersalah dan divonis delapan bulan penjara. (afp/ant)