Kapolres Sibolga, Perintahkan Tembak Pecatan Polisi yang jadi Bandar Narkoba

oleh

Suarakita.coid, SIBOLGA – Brigadir April Efendi anggota Polsek Sibolga Selatan diberhentikan tidak hormat dari kesatuannya. Sebelumnya, Brigadir April menjalani masa hukuman selama dua tahun di Lapas Tukka.

Dalam proses PDTH tersebut di lapangan Apel Polres Sibolga, Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hatorangan Hariandja memerintahkan personilnya untuk menembak April Efendi bila kedapatan menjadi bandar narkoba setelah dipecat dari polisi

Dalam proses PDTH tersebut,  tidak dihadiri oleh April Efendi.  Kapolres Sibolga mengatakan, sebenarnya dirinya dirinya baru kali ini memecat anggotanya dari kesatuan.

Namun, keputusan pahit tersebut harus dilaksanakan mengingat yang bersangkutan dianggap sudah tidak dapat lagi dibina.

“Selama saya berdinas, saya nggak mau memecat anggota. Tapi mungkin, karena sudah berulang kali diingatkan oleh perwira sebelum saya, terpaksa harus diberhentikan,” kata Kapolres.

Diingatkan kepada seluruh personel agar tidak meniru apa yang dilakukan Brigadir April.

“Bila tidak bisa berprestasi, lebih baik diam. Hadir setiap hari. Jangan lagi mencoba main-main dengan narkoba,” ingatnya.

Dia mengatakan, telah banyak contoh personel yang dipecat dari kesatuan selalu menyusahkan orang lain di sekitarnya.

Ada juga yang malah semakin terjerumus, menjadi pengedar narkoba setelah menjalani masa hukuman. Bila hal tersebut terjadi pada April, Kapolres tidak segan-segan memerintahkan anak buahnya untuk menembak di tempat.

“Sudah banyak contoh, jadi Polri menyusahkan dan sudah dipecat pun tetap menyusahkan. Kalau nanti dia (April) jadi bandar narkoba, tembak Pak Kasat,” serunya kepada Kasat Narkoba.

Pada kesempatan tersebut, perwira dengan dua melati emas di pundaknya ini menegur 2 anggotanya yang punya catatan hitam yang tersandung kasus penyalahgunaan narkoba. Dia mengingatkan untuk berubah dan meninggalkan kebiasaan buruk.

“Kalau kalian baik, saya akan lebih baik lagi pada kalian. Sejak saya bertugas, saya sudah punya catatan semua personel di sini,” tegasnya.

Kepada petugas Bhabinkamtibmas juga diingatkan untuk lebih meningkatkan pendekatan kepada masyarakat.

“Begitu juga dengan kasatuan lain, tingkatkan kinerja. Kepada narkoba, hajar terus. Kapolsek ingatkan selalu anggotanya masing-masing,” pungkasnya.

Pada upacara tersebut, juga dilakukan pemberian reward kepada personel yang berprestasi, di antaranya Aiptu Boy Alexander Hutasoit, Bripka M Irfan Asvandra dan Brigadir Tri Eka Lesmono. Kemudian, Brigadir Halmos Ketaren, Brigadir Arif Irvansyah SH, Bripda Anugrah B Sembriring. Keenamnya merupakan personel dari Satuan Reskrim yang berhasil menangkap 2 tersangka pencurian dengan pemberatan di Pelabuhan Sambas, Jumat (5/1/2018) lalu.

Ada lagi 6 personel lainnya, 5 dari Satuan Resnarkoba, di antaranya Brigadir Andika putra L Tobing, Brigadir Sahlan Pege Siregar, Bripda M Desraka H Permana, Bripda M Mahdi Sinaga dan Bripda Rizky Praditya, yang berhasil mengungkap kasus menonjol dan menangkap 3 tersangka penyalahgunaan narkotika, Rabu (10/1/2018).

Satu lagi personel dari Bhabinkamtibmas, Brigadir Anton Hilman Setiawan Siregar yang telah berhasil menyelesaikan permasalahan perkelahian antar warga di Polsek Sibolga Sambas, Jumat (5/1). (ps/is/nt)