Keren, Lulusan SMK ini Buat Robot T-Rex dari Barang Bekas

oleh

Suarakita.co.id, Yogyakarta – Seorang warga Kampung Purbayan, Kotagede, Yogyakarta, Muhammad Iqbal Firmansyah (18) bersama timnya, punya ide memanfaatkan barang bekas menjadi robot T-Rex.

“Sebenarnya kami tidak sepenuhnya memakai bahan-bahan bekas. Tapi sebagian besar bahan seperti motor listrik dan gear box memang kami pakai bahan bekas,” kata Iqbal seperti yang dilansir detikcom.

Meski sebagian bahannya memakai barang bekas, Iqbal mengklaim robot buatannya itu memiliki keunggulan tersendiri. Pasalnya, robot T-Rex buatannya bisa berjalan seperti hewan pada umumnya.

Robot T-Rex ini bisa berjalan tanpa roda. Bahkan robot ini mampu menarik gerobak dengan beban maksimal 60 kilogram dan bisa berjalan kurang lebih 30 menit,” paparnya.

Adapun sumber energi penggerak robot ini berasal dari aki baterai yang dimanfaatkan untuk menghidupkan motor listrik dan menggerakkan gear box. Nah, gear box inilah yang difungsikan untuk menggerakkan kaki robot tersebut.

Alumnus SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini mengatakan, dia tak seorang diri membuat robot T-Rex ini. Ada ayah dan tiga temannya yang tergabung di dalam tim Jagat Karya Kreasi yang membantunya.

Disebutkan Iqbal, alasannya membuat robot karena selama ini kebanyakan jenis robot semacam ini didatangkan dari luar negeri, seperti China, Jepang dan dari negara-negara Eropa.