Ironi Warga Asmat, Ikan Segar ditukar dengan Mie Instan

oleh
seorang anak dari suku asmat saat mendapatkan perawatan
seorang anak dari suku asmat saat mendapatkan perawatan

Misalnya saja, Tim ACT menemukan kenyataan bahwa di kampung ini kebiasaan masyarakat lokal malah mengonsumsi makanan instan.

“Bayangkan, di Waganu masih berlaku sistem barter. Ikan segar hasil tangkapan warga malah ditukar dengan mi instan. Kemudian definisi makan sayur menurut mereka adalah mi instan dicampur dengan sedikit sayur direbus dengan kuah. Hal ini juga yang menyebabkan kejadian gizi buruk di Asmat akhirnya merebak,” tutur Nur.

Menyapa warga Kampung Waganu, Nur dan timnya memulai penyuluhan tentang makanan bergizi dan kesehatan dasar. Tak lupa puluhan paket makanan bergizi juga dibagikan untuk anak-anak Waganu.

Usai dari Waganu, hari beranjak sore tapi perjalanan belum selesai. Mesin speedboat empat tak yang ditempel di belakang perahu itu kembali dinyalakan. Perjalanan berlanjut menuju Kampung Jinak di Distrik Suator, sebuah distrik lebih pelosok lagi dari Distrik Siret.

anak-anak suku asmat
anak-anak suku asmat

Tiba di Kampung Jinak selepas Asar Waktu Indonesia Bagian Timur, Tim Emergency Response kembali menemukan gambaran yang hampir serupa. Anak-anak berlarian dalam kondisi badannya yang tampak kurus.

“Tulang-tulang tangan dan kakinya kelihatan menonjol, perut bocah-bocah itu buncit. Kampung Jinak di Distrik Suator sepertinya lebih tertinggal dibanding beberapa kampung lain. Kami mendapatkan data, di lebih dari 80% anak-anak di Jinak mengalami kurang gizi, jumlahnya lebih dari 30 jiwa,” tutur Nur.

Sebelum berpamitan di Kampung Jinak, tim Emergency Response ACT membagikan puluhan paket makanan padat gizi. “Paket makanan kami berikan langsung kepada bocah-bocah atau ke mama-mama, sembari kami berikan sedikit penyuluhan lagi tentang konsumsi gizi yang tepat, Alhamdulillah, mama-mama di Jinak itu tersenyum bahagia, mereka berjanji bakal mengubah kebiasaan makan agar kejadian gizi buruk tidak terulang lagi,” pungkas Nur. (act)