Ternyata Ini Penyebab Banjir di Asahan

oleh

Suarakita.co.id, Asahan – Untuk mengantisipasi terjadinya sumbatan saluran air yang menyumbat drainase, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan pembersihan dan pencucian saluran parit atau drnaise agar tidak tersumbat oleh macam-macam sampah.

“Sekarang Kita lagi melakukan pembersihan dranaise agar tidak terjadi penyumbatan yang diakibatkan oleh tumpukkan sampah. Kegiatan ini merupakan rutin dilakukan oleh dinas Lingkungan Hidup agar saat datang hujan tidak terjadi banjir karena selokan tersumbat oleh sampah,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bambang HS, Kamis (25/1/2018).

Lebih lanjut Bambang menjelasakan, saat hujan turun sering didapati sampah menyumbat saluran drainase, sehingga air tidak bisa mengalir lebih cepat dan akibatnya  terjadi peluapan air di area  badan jalan.

“Kita selalu dapati dan temukan saluran drainase yang tersumbat dan terjadi genangan luapan air akibat sampah yang menyumbat. Maka untuk itulah Kita melakukan pembersihan saluran air dari macam-macam sampah yang menumpuk dan menyumbat, lalu sampah tersebut Kita angkut dan Kita buang ke Tempat Pembuangan Sampah akhir,”ujar Bambang.

Tak hanya sampahyang mengakibatkan terjadinya luapan air, sedimentasi atau pendangkalan drainase juga salah satu penyebab terjadinya luapan air saat hujan deras.  Ditambah lagi sebutnya, dengan ditemukannya sejumlah drainase yang sudah mengalami pendangkalan.

Pendangkalan terjadi karena sejumlah warga  yang melakukan pembangunan,tanpa di sadari atau disadari material bangunan masuk ke dalam drainase,sehingga terjadi pendangkalan.

“Maka untuk itu, kami berharap dan  minta kepada  warga yang tinggal di depannya ada saluran drainase agar dapat menjaga akan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu Kita berharap agar saluran drainase jangan ditutup rapat dengan cor beton secara permanen. Ini kIta mintakan agar petugas dapat membersihkan saluran tersebut dengan mudah”ucap Kadis (yas)