Sidak ke Disdukcapil Biniai, ini yang ditemukan Jonita Bangun

oleh

Suarakita.co.id, Binjai – Masyarakat Binjai banyak mengeluh soal pengurusan KTP,KK dan akte kelahiran di dinas kependudukan dan catatan sipil (disdukcapil) Binjai. Bagi masyarakat Binjai yang tidak banyak relasinya biasanya akan kesulitan untuk mendapatkan KTP, KK dan akte kelahiran dari disdukcapil Binjai.

Namun jika masyarakat Binjai tersebut punya relasi banyak maka tidak akan di persulit dalam hal mengurus KTP, KK dan Akte Kelahiran di kantor disdukcapil Binjai. Pasalnya di kantor itu diduga kuat berseleweran calo-calo yang diduga merupakan kaki tangan dari orang dalam disdukcapil Binjai.

Terkait hal tersebut diatas maka anggota DPRD Binjai Jonita Agina Bangun didampingi personil dari polsek Binjai Selatan melakukan sidak kekantor disdukcapil Binjai di jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat,Kecamatan Binjai Selatan , Senin,(29/1) sekira pukul 10.00 Wib

Perda Pembuatan KTP dan KK gratis,diminta kepada Kepala Dinas capil,Taufik Bahagia untuk membuat kotak pengaduan warga di kantor capil Binjai agar pengaduan,saran dan masukan warga dapat di sikapi ,”kata Jonita Agina Bangun.

Selesai sidak, anggota komisi B DPRD Binjai fraksi Hanura Jonita Agina Bangun yang di cegat sejumlah wartawan, mengatakan kedatangannya untuk meninjau langsung karena adanya beberapa laporan dari warga yang mengatakan bahwa pembuatan e-KTP, terkesan lambat dan adanya dugaan praktek percaloan.

Pantauan wartawan, Jonita Agina Bangun saat bertemu dengan kadis disdukcapil dan kabid pelayanan kependudukan Dra Hj Upik mempertanyakan soal blangko dan calo di kantor itu. Dra Hj Ufik menerangkan beberapa hal tentang proses pembuatan KTP dan lain-lain.

“ Kita memastikan tidak akan ada calo di kantor ini dan kita akan layani masyarakat dan tidak dikutip bayaran namun jangan gunakan jasa orang lain,” kata Dra Hj Upik. (op)