Unik, Kenalkan Okapi Hewan Perpaduan Kuda, Jerapah dan zebra

oleh

Suarakita.co.id – Bila dilihat dari tampilan fisiknya, terlintas dalam pikiran hewan ini adalah hasil persilangan zebra, kuda dan jerapah. Namun faktanya, hewan dengan perpaduan tiga hewan tersebut bukanlah hasil perkawinan silang, hewan unik tersebut merupakan spesies Johnstoni, genus Okapia, dan familiy Giraffidae.

Seperti dilansir oleh liputan 6.com, hewan ini berasal dari Afrika Tengah, Timur laut Rep. Kongo, aslinya dari hutan Ituri. Penduduk asli Kongo menyebut hewan ini dengan nama “Atti”, yang kemudian dikenal sebagai terjemahan dari okapi.

Namun hewan unik tersebut, saat ini mempunyai ancaman serius. Karena okapi saat ini menjadi hewan buruan oleh penduduk setempat karena dagingnya yang mahal

Dari nama familynya Giraffidae, bisa ambil kesimpulan bahwa hewan ini adalah jerapah berleher dan berbadan pendek, serta bercorak.

Makannya rerumputan hijau dan pucuk pohon, meskipun lehernya tidak panjang, setidaknya terbantu oleh lidahnya yang panjang untuk menggapai pucuk pohon yang rendah.

Hewan ini hamil lebih lama dari manusia, yaitu 14-16 bulan, dan bayinya bisa langsung berjalan 30 menit setelah lahir. Hewan ini mampu bertahan hidup hingga 33 Tahun.

net: anak Okapi
net: anak Okapi

Hewan ini punya sifat yang suka menyendiri atau soliter, menetapkan daerahnya dengan air seninya.

Selain itu, terdapat satu kelenjer bau di setiap kakinya, di mana cairan seperti aspal yang lengket keluar saat menginjak tanah dan juga sebagai indikasi dia menandai daerahnya.

Terlahir dengan telinga tegak dan besar membuatnya memiliki pendengaran yang tajam. Setiap hari okapi dapat menyantap makanan mencapai 10% dari bobot tubuhnya.

Liputan6.com