Miris, Pria ini Jual Ginjal Istrinya kerena Uang Mahar Kurang

oleh

KOLKATA—  Biswajit Sarkar warga West Bengal, India terpaksa berurusan dengan pihak kepolisian. Pasalnya, dirinya tega menjual ginjal bagian kanan istrinya, Rita Sarkar kepada seorang pengusaha di Chhattisgarh.

Seperti yang dilansir Hindustan Times via BBC, Kamis (8/2/2018) waktu setempat, aksi Sarkar tersebut berawal  karena Istrinya tidak mempunyai uang untuk membayar dowry atau mahar sebagai maskawin senilai 200.000 rupee India atau sekitar Rp 42,3 juta. Atas dasar itulah, ia nekat menjual ginjai istrinya ke salah satu rumah sakit yang berada di Kolkata

Kisah miris Rita Sarkar tersebut berawal pada 2016 lalu. Saat itu, Rita mengeluhkan sakit pada bagian perutnya setelah meminum minuman ringan yang diberikan oleh adik iparnya. Karena mengeluhkan sakit, ia pun langsung dilarikan suaminya ke rumah sakit swasta di Kolkata.

Sesampainya di rumah sakit, Rita pun tak sadarkan diri. Tanpa sepengetahuannya, ternyata pihak rumah sakit telah melakukan oprasi pengangkatan Ginjainya. Ketika sadar,  suaminya pun menceritakan bahwasannya ia mengalami  usus buntu dan harus segera di oprasi

“Dia (Biswajit Sarkar) mengatakan saya akan baik-baik saja setelah menjalani oprasi pengangkatan usus buntu,” ucap Rita

Namun saat itu, dirinya heran karena sang suami melarangnya untuk menceritakan oprasi pengangkatan usus buntu yang baru dijalaninya.

Setelah oprasi usus buntu, bukannya makin sehat ternyata sakit pada bagian perutnya semakin parah. Ia pun sudah beberapa kali, meminta suaminya untuk membawanya berobat, namun tidak juga dihiraukan

Oleh keluarganya, Rita pun lalu dilarikan ke Rumah Sakit Universitas North Bengal untuk dilakukan USG pada tahun 2017 lalu.  Setelah melakukan USG, ia pun terkejut dengan penjelasan sang dokter, yang mengatakan bahwa ginjal kanannya tidak kelihatan.

Saat itu, Rita masih sangsi dengan keterangan sang dokter, di akhir 2017 ia pun mendatangi rumah sakit itu kembali untuk melakukan USG. Ternyata hasilnya pun masih tetap sama, bahwasannya ginjai sebelah kanannya tidak terlihat

Ia pun sadar, kenapa suaminya melarangannya untuk menceritakan operasi pengangkatan usus buntu di Kolkata.

“Suami saya telah menjual ginjal saya karena keluarga saya tidak mampu membayar dowry,” ujar Sarkar.

Terpisah Inspektur Polisi Udayshankar Roy menjelasnkan mendapatkan laporan tersebut pihaknya langsung melakukan penangkapan terhada, Biswajit dan adiknya, Shyamal pada Senin (5/2/2018) lalu. Saat diperiksa, Biswajit mengaku telah menjual ginjal istrinya ke seorang pengusaha di Chhattisgarh.

“Saat ini kami membentuk tim untuk menginvestigasi jaringan perdagangan organ manusia di sana dan kami akan melakukan penggerebekkan ke rumah sakit Kolkata yang telah melakukan penjualan organ,” ucapnya.

Sumber: Hindustan Times