Pelindo 1 Edukasi dan Tingkatkan Wawasan Para Mahasiswa Teknik Industri

oleh

Suara Medan – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menerima kunjungan belajar dari rombongan mahasiswa Teknik Industri di Kantor Cabang Pelabuhan Belawan.

Rombongan Mahasiswa yang berjumlah 30 orang ini disambut langsung oleh Deputi General Manager Cabang Pelabuhan Belawan, Arief Indra Perdana.

Kunjungan mahasiswa jurusan Teknik Industri ini merupakan bagian dari rangkaian acara Industrial Engineering Fair 2018 yang diselenggarakan oleh mahasiswa Teknik Industri Universitas Sumatera Utara (USU) yang bekerja sama dengan Pelindo 1.

Kunjungan ini diikuti oleh seluruh finalis Industrial Engineering Paper and Action (INPACT) 2018 yang bertema “Improving Infrastucture Based on Port Connectivity” yang berasal dari berbagai universitas yang berada di Indonesia, yakni: Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Universitas Brawijaya, Universitas Islam Indonesia (UII), Telkom University, dan Universitas Sumatera Utara (USU).

Dalam sambutannya, Arief Indra Perdana menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang atas kunjungan para mahasiswa Teknik Industri ke Pelabuhan Belawan yang merupakan pelabuhan cabang utama Pelindo 1.

“Pelindo 1 terus berupaya untuk melakukan pengembangan di segala aspek untuk meningkatkan layanan jasa kepelabuhanan di Indonesia. Kami juga selalu berinovasi untuk melakukan ekspansi dan meningkatkan pangsa pasar,” terang Arief.

Senada hal tersebut, Listiani Nurul Huda, Dosen yang berasal dari USU yang turut mendampingi dalam kunjungan belajar mahasiswa ini menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi Pelindo 1 dalam penyelenggaraan Industrial Engineering Fair 2018 dan memberikan kesempatan untuk bisa mengamati industri ke pelabuhanan secara langsung yang dapat mengedukasi dan meningkatkan wawasan para mahasiswa.

“Kami mengapresiasi Pelindo 1 yang turut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Teknik Industri USU yang bertujuan untuk mendukung program Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang mengajak setiap mahasiswa untuk berpartisipasi aktif di lingkungannya, tidak hanya belajar di bangku kuliah saja,” ujar Listiani.

Usai sesi pemaparan, selanjutnya rombongan mahasiswa Teknik Industri melakukan kunjungan ke Dermaga Citra, Ujung Baru, Industri Kimia Dasar (IKD), dan Car Terminal yang berada di lingkungan Cabang Pelabuhan Belawan untuk mengamati fasilitas-fasilitas yang telah disediakan oleh Pelindo 1 dalam meningkatkan produktivitas dan kelancaran operasionalnya.

Kegiatan kunjungan mahasiswa ini menjadi salah satu cara Pelindo 1 untuk memberikan edukasi tentang peran pelabuhan dan dunia maritim kepada generasi muda.

Manager SDM dan Umum Pelindo 1 Cab. Belawan, Khairul Ulya (ki) dan Deputi General Manager Cab. Belawan, Arief Indra Perdana menjelaskan tentang bisnis kepelabuhanan kepada mahasiswa Teknik Industri.